Pesantren Harus Berperan Aktif Menebar Kedamaian

Ragam  SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 01:17:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Pesantren Harus Berperan Aktif  Menebar Kedamaian

Lukman Hakim Saifuddin/net

RMOLJabar. Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin menegaskan jika kalangan pondok pesantren bukan hanya orang yang memahami masalah agama saja tetapi para santri harus berperan aktif untuk menebar kedamaian.

"Kalangan pesantren bukan hanya orang yang memahami masalah agama saja, tapi para santri harus berperan aktif untuk menebar kedamaian," ungkap Menag dalam sambutannya pada malam puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (21/10).

Tiga tahun sudah HSN diperingati, tema besar kali ini yang diangkat "Bersama Santri Damailah Negeri", menurut Lukman menjadi momentum bagi para santri untuk berperan aktif menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Isu perdamaian diangkat untuk merespon kondisi bangsa berbagai persoalan, misalnya banyaknya hoax dan propaganda politik," katanya.

Dirinya menegaskan, hari santri menjadi prasasti bagi masyarakat Indonesia. Bahwa bernegara sama penting dengan beragama, resolusi jihad sebagai titik awal antara agama dan kebangsaan bersinergi.

"Peristiwa yang melatarbelakanginya layak jadi pengingat, tanpa resolusi jihad, mungkin bangsa kita masih terjajah, Bung Karno pernah bilang jas merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah), kalau ulama kita mengatakan jas hijau (Jangan Hilangkan Jasa Ulama)," pungkasnya.(feb)


Komentar Pembaca
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Oded Resmikan Puskesos, Jalanan Harus Bebas Dari PMKS
Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00