Persis: HSN Jangan Hanya Semarak Tapi Spiritnya Hampa

Ragam  SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 01:33:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Persis: HSN Jangan Hanya Semarak Tapi Spiritnya Hampa

Jeje Zaenudin/RMOLJabar

RMOLJabar. Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), mengingatkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tidak hanya sebatas hiruk pikuk, sorak sorai, keramaian-keramaian dengan pergelaran saja. Sehingga menyebabkan hampa dari penghayatan atas nilai-nilai substantif dan spirit yang melatar belakanginya.

"Kami memandang pergelaran-pergelaran seperti itu hanya hiruk pikuk dan tidak memberi manfaat yang signifikan. Maka kami merasa kurang tertarik untuk mengikutinya," tandas Wakil Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin, Senin (22/10).

Artinya, lanjut Jeje, nasib Hari Santri sama dengan hari-hari lainnya yang hanya akan semarak dalam perayaan peringatannya.

"Tapi hampa dari substansi dan internalisasi spiritnya, yaitu menjadikan moralitas agama sebagai pemandu perjuangan memajukan dan menyejahterakan bangsa," katanya.

Dirinya menyerahkan kembali kepada masyarakat terhadap substansi hari santri yang diperingati setiap tahun oleh pemerintah.

Karena bagi Persis, makna terpenting Hari Santri Nasional adalah pengakuan negara atas kontribusi besar para ulama dan kaum santri dalam ikut memperjuangkan, membela, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

"Oleh sebab itu, pengakuan yang penting itu meniscayakan adanya kejelasan sikap dan kebijakan negara yang menunjukan komitmen menjadikan nilai-nilai juang ulama dan moralitas santri sebagai spirit moralitas kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkap Jeje.

Meski demikian, Persis mengapresiasi ditetapkannya Hari Santri Nasional sebagai bentuk pengakuan negara atas kontribusi kaum santri kepada bangsa.

"Karena bagaimanapun itu sebagai bentuk pengakuan formal negara atas eksistensi dan kontribusi kaum santri kepada bangsa dan Negara," pungkasnya.(feb)

Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB