SIKASEP, Sistem Informasi Kaum Muda Purwakarta

Pemerintahan  JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 08:26:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

SIKASEP, Sistem Informasi Kaum Muda Purwakarta

foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Bertepatan dengan Hari Inovasi Indonesia, 1 November 2018 lalu. Bidang Kepemudaan pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta meluncurkan Sistem Informasi Kepemudaan yang Aktual, Sinergis, Edukatif dan Produktif atau disingkat SIKASEP.

Sistem informasi digital yang dikemas dalam website tersebut mencakup berbagai informasi terkait program, kegiatan, aturan perundang-undangan, dokumentasi dan berita-berita kepemudaan.

Dalam keterangannya, Kabid Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq menyampaikan bahwa website tersebut dipersembahkan bagi kaum muda di Purwakarta sebagai media informasi dan komunikasi antara pemerintah daerah yang diwakili oleh Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) dengan seluruh generasi muda di Purwakarta maupun stakeholder terkait lainnya.

"SIKASEP ini bagian dari inovasi bidang kepemudaan yang dirancang sebagai media informasi dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan seluruh kaum muda Purwakarta dan stakeholder lainnya," kata Arif kepada RMOLJabar, Jumat (2/11).

Menurutnya, yang dimaksud stakeholder tersebut adalah seluruh komponen organisasi ataupun instansi yang berkepentingan dengan generasi muda, baik itu OPD, OKP, ataupun lembaga-lembaga vertikal yang ada di Kabupaten Purwakarta sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

"Untuk itu, kami berupaya menyempurnakan website ini agar terintegrasi dengan sistem aplikasi lainnya. Sehingga ke depan akan lebih banyak informasi yang tersedia bagi kaum muda," ucapnya.

Selain itu, ada banyak anak muda yang terlibat dalam pembuatan website ini. Ia memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para kaum muda, diantaranya Bemby Gema Maulana, Alpiadi Prawira Ningrat, beberapa pelajar SMK dan yang lainnya.

Arif menambahkan bahwa sistem informasi tersebut juga merupakan bagian dari komitmen bidang kepemudaan dalam memberikan layanan bagi kaum muda.

"Kami ingin memastikan setiap program dan kegiatan bidang kepemudaan benar-benar dapat dirasakan oleh generasi muda di Purwakarta. Itu komitmen kami. SIKASEP adalah bagian dari ikhtiar tersebut. Tentu masih jauh dari harapan,  banyak kekurangan yang kami miliki. Semoga ke depan akan lebih baik," tutur Arif yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh muda inspiratif Tahun 2017 lalu dari RMOLJabar ini.

Sementara itu Kadisporaparbud Purwakarta, Agus Hasan Saepudin memberikan dukungan penuh dan apresiasi atas kinerja bidang kepemudaan tersebut.

"Saya secara pribadi maupun institusi sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas kinerja bidang kepemudaan ini. Inovasinya bisa menjadi inspirasi bagi yang lain dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat Purwakarta yang lebih istimewa lagi," katanya.

Dia katakan, inovasi itu tidak melulu harus baru, melainkan bisa saja meniru atau mengembangkan yang sudah ada sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

"Dan, saya kira website SIKASEP ini akan banyak manfaatnya bagi generasi muda dan masyarakat," kata Kadis yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Purwakarta itu.

Dukungan dan apresiasi atas website tersebut juga mengalir dari pelajar dan pemuda Purwakarta. M Ridhwan Suriawijaya, Ketua Fompa sangat bangga dengan website tersebut.

"Luarbiasa dan membanggakan sekali. Website ini bisa menjadi media kami generasi muda dalam mengembangkan diri, saling bertukar informasi dan tentunya saling mendukung dalam memajukan masyarakat dan bangsa," kata pelajar SMAN 1 Purwakarta yang diamini M. Sidqi Falih As'ad, Korda FOJB Purwakarta.

Ungkapan senada disampaikan pula M. Ardy Rhopik, salah satu Tokoh Pemuda Purwakarta. "Kami sangat mendukung website kepemudaan ini. Semoga dapat terus memberikan inspirasi bagi kaum muda," ujar Ketua Paguyuban Barudak Purwakarta (Paduka) Bandung itu. [bon]



Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB