Kemenkes: Perda KTR Dibutuhkan Masyarakat

Kesehatan  JUM'AT, 09 NOVEMBER 2018 , 01:57:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Kemenkes: Perda KTR Dibutuhkan Masyarakat

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyambut baik atas digagasan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) oleh DPRD Jawa Barat. Pasalnya perda tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Kepala Sub Direktorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi dr. Theresia Sandra Diah Ratih mengatakan, adanya Perda KTR bisa menjadi jawaban untuk melindungi anak-anak dan kaum pra sejahtera yang terbelenggu dengan kondisi yang ada.

Menurutnya hal tersebut dapat menghindarkan anak-anak untuk tidak mengikuti pola hidup merokok yang dicontohkan oleh orangtunya. Selain itu, dengan perda tersebut dapat menjadi alat pembatasan ruang untuk merokok di lingkungan masyarakat, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok.

"Perda KTR bisa melindungi perokok itu sendiri agar perokok mempunyai tempat terbuka untuk merokok, banyak cara untuk menegakan Perda KTR ini, termasuk tindak tegas dan penekanan secara langsung tidak boleh merokok di sembarang tempat,” ucap Theresia dalam keterangannya, Rabu (7/11).

Theresia menyebut, persentase perokok dari kalangan di Jabar mengalami kenaikan dari 15 persen menjadi 20 persen. Dengan kondisi tersebut, maka dibutuhkan program life skills, yang melibatkan stakeholder terkait untuk memberikan berbagai pelatihan, pengembangan diri bagi pelajar untuk tidak mengikuti trend merokok.

"Dengan adanya Perda KTR ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berperilaku lebih baik, dengan memberikan contoh dengan merokok pada tempatnya, sehingga akan ditiru oleh semua lapisan masyarakat terutama pelajar. Selain itu Perda KTR di provinsi ini juga akan mendorong diberlakukannya perda serupa di tingkat kabupaten kota," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB