Kabupaten Bandung Barat

23 Buruh Dipecat, SPN Geruduk Pabrik Victory

Peristiwa  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:11:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

23 Buruh Dipecat, SPN Geruduk Pabrik Victory

foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Ratusan buruh dan pekerja Serikat Pekerja Nasional (SPN) melakukan aksi unjuk rasa didepan pabrik PT Victory, Jalan Batujajar, Bandung Barat, Selasa (13/11). Aksi mereka dipicu aksi pemecatan terhadap 23 buruh yang dinilai secara sepihak.

Ketua SPN Victory, Abdul Wahyudin mengatakan, unjuk rasa ini dilakukan setelah tidak ada titik temu soal pengangkatan karyawan tetap dan menuntut pekerja yang dipecat bekerja kembali.

"Pekerja yang di-PHK itu sebanyak 23 orang. Mereka diberhentikan bervariatif, ada yang sudah dua bulan, lima bulan, bahkan tujuh bulan," katanya disela aksi.

Jumlah karyawan yang ada di PT Victory, kata Wahyudin berjumlah sekitar 300 karyawan, termasuk karyawan yang diterima oleh PT Victory pasca pemberhentian sepihak.

"Kami intinya ingin menuntut dipekerjakan kembali atau menuntut pesangon selama masa kerja. Jika unjuk rasa ini tak digubris kami akan lanjutkan ke tahapan selanjutnya ke pengadilan hubungan industrial," ujarnya.

Ketua SPN KBB, Budiman menambahkan, victory merupakan pabrik tekstil dibawah perusahaan besar namun semua pekerja masih berstatus kontrak.

Sebelum memutuskan turun ke jalan, kata Budiman, sebelumnya mediasi dan langkah lainnya sudah dilakukan.

"Jika tidak hari ini tidak selesai, besok lusa saya berjanji massa yang lebih banyak akan datang. Saya sudah meminta SPN Jawa Barat untuk ikut memperjuangkan nasib kawan-kawan di Victory,"tandasnya.[son]

Komentar Pembaca