Jawa Barat

Tangkal Polemik DPT, KPU Gelar Diskusi Bersama

Politik  RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 11:27:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Tangkal Polemik DPT, KPU Gelar Diskusi Bersama

Rifqi Alimubaroq/RMOLJabar

RMOLJabar. Agar tidak ada polemik terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyempurnakan DPT hasil perbaikan ke-2 dengan melakukan diskusi bersama Bawaslu Jabar, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) dan bersama partai Politik, disalah satu cafe di kota Bandung, rabu (21/11).

Demikian dikatakan Ketua KPU Jabar, Rifqi Alimubaroq. Diskusi tersebut bertemakan 'Menyempurnakan DPT Jabar, memastikan hak pilih warga menuju suksesnya pemilu 2019'.

"Biasanya 3 hari menjelang pemilih ketika pembagian formulir C6, warga yang tidak mendapatkan C6 sering mempertanyakan dan mempersoalkan hal itu, oleh karenanya dalam tahap ini kita ingin memastikan semua warga pemilih dapat masuk kedalam DPT," ujar Rifqi.

Perbaikan data DPT ke-2 merupakan pencermatan atas data masuk dari kemendagri sejumlah 6,5 juta pemilih yang belum masuk kedalam DPT.

"DPT di Jabar sudah kita tetap kan sebelumnya pada 30 agustus lalu, dengan jumlah pemilih sekitar 32,6 juta. Lalu dilanjut dengan tahap perbaikan ke-1 dengan menyaring data ganda dan invalid pada bulan september," jelasnya.

"Pada tahap ke-2 ini kita menindaklanjuti data masuk dari kemendagri, data ini sudah dilakukan pencermatan di tingkat kabupaten/kota," lanjut Rifqi.

Selain it, pihaknya memastikan seluruh Kabupaten/Kota di Jabar memasukan data pemilih hasil rekomendasi dari Kemendagri tersebut.

"Pada pleno penetapan DPT hasil perbaikan ke 2, sebetulnya secara rekap manual sudah sesuai antara data KPU dan Bawaslu, namun yang belum sinkron dalam hal ini dengan aplikasi sidalih," pungkasnya.

Dalam massa perpanjangan DPT hasil perbaikan ke-2 sudah 22 kabupaten kota yang telah sesuai seratus persen, dan sisa 5 kabupaten kota masih dalam tahap penyelesaian. [aga]

Komentar Pembaca