Kabupaten Tasikmalaya

Tiga Kedusunan Di Culamega Perlu Direlokasi

Peristiwa  RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 12:35:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

Tiga Kedusunan Di Culamega Perlu Direlokasi

Nur Ahmad/RMOLJabar

RMOLJabar. Ribuan warga yang ada di tiga kedusunan di Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmakaya, yakni Dusun Cikondang, Dusun Jajaway dan Dusum Bihbul, direkomendasikan untuk direlokasi ke tempat yang lebih layak, aman dan sehat. Mengingat lokasi perkampungan mereka sudah tidak layak dijadikan permukiman kembali pasca bencana tanah longsor dan banjir bandang menerjang kawasan Kecamatan Culamega.

Hal itu disampikan Komandan Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Nur Ahmad.

Nur Ahmad pada waktu penanggulangan bencana alam Tasikmalaya Selatan kemarin bertindak selaku incident commander, merekomendasikan pula penananan pengungsi yang saat ini masih tinggal di tenda pengungsian perlu ditangani secara khusus dan terpadu oleh intansi terkait, pasca tanggap darurat bencana berakhir.

"Kita rekomendasikan untuk dilakukan relokasi karena berdasarkan Badan Geologi sudah tidak layak. Ada sekitar 2 ribuan orang pengungsi yang ada di 6 titik penampungan pengungsi di kecamatan Culamega," jelas Nur Ahmad, Rabu (21/11).

Pihaknya sudah melaporkan pertanggungjawaban hasil penanggulangan bencana di Kecamatan Culamega dan Cipatujah. Untuk korban jiwa menelan 6 orang dan materil sekitar Rp 71 miliar. Langkah berikutnya yakni pembenahan infrastruktur dan bangunan rumah yang rusak berada dalam kewenangan dinas intansi di Pemkab Tasikmalaya.

Untuk kerusakan bangunan diketahui, di kecamatan Culamega sedikitnya 318 rumah dengan spesipikasi 77 rumah rusak berat, 104 rusak sedang dan 137 rusak ringan. Di kecamatan Cipatujah ada 109 rumah rusak dengan 28 rumah rusak berat, 30 rumah rusak sedang dan 411 rusak ringan. [aga]

Komentar Pembaca
Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00