Kota Cirebon

Kerap Lakukan Penipuan, Polres Ciko Ciduk Anggota Polisi Gadungan

Hukum  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Kerap Lakukan Penipuan, Polres Ciko Ciduk Anggota Polisi Gadungan

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Kepolisian Sektor (Polsek) Lemahwungkuk Polres Cirebon Kota (Ciko), berhasil menciduk seorang mengaku Anggota Kepolisian, dengan inisial MK (36), pria asal Kota Cirebon.

Kapolsek Lemahwungkuk Tarsiman, dalam keterangannya kepada awak media mengatakan, penangkapan saudara MK berawal dari adanya laporan korban yang pernah alami penipuan dari saudara MK. Korban merasa ditipu akan dijanjikan menjadi PNS dengan syarat membayar sejumlah uang.

"Mengamankan seorang laki-laki yang mengaku sebagai anggota Intel Polda dengan pangkat Bripka. Dimana orang tersebut telah melakukan penipuan dengan modus bisa menjadikan seorang PNS," ungkap Kapolsek Lemahwungkuk Polres Ciko Tarsiman saat jumpa pers di Kantornya, Kamis (6/12).

Berawal dari laporan Korban, lanjut Ia, jajaran Kapolsek Lemahwungkuk datang ke TKP, yakni di Kelurahan Lemahwungkuk. Ia mengaku, untuk memastikan apakah pelaku anggota atau bukan, Polsek Lemahwungkuk menjebak dengan menempatkan korban dengan menggunakan pakaian aparat (Babin)

"Ketika kita datang yang bersangkutan masih mengaku sebagai anggota intel padahal yang datang itu adalah berpakaian dines. Salah satunya Babin," sebutnya.

"Ternyata hasil interogasi, yang bersangkutan memang bukan anggota Polri. Yang bersangkutan hanya seorang pengangguran, yang bisa membaca peluang untuk melakukan penipuan," tambah Kapolsek.

Aksi penipuan ini, sudah memakan banyak korban. Bahkan nominal yang ditawarkan kepada para korban beragam jumlahnya, mulai 4 juta hingga 25 juta bahkan ada yang sampai ratusan juta. Seperti untuk menjadi Lurah, MK membandrol tarif sebesar Rp25 juta.

"Dia untuk menjadi seorang Lurah meminta 25 juta, tapi korban baru memberi 11 juta," beber Kapolsek.

Menurut keterangan yang didapat, tambah Kapolsek, pelaku mengaku baru melakukan aksinya selama 9 kali. Korban, ada yang dari dalam Kota dan Luar Kota Cirebon. Atas tindakannya, MK dikenakan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman empat tahun.

"(Pelaku Mengaku Sebagai) Intel Polda yang sedang dikaryakan di Pemda dalam Wilayah 3 Cirebon. Sehingga dia mengaku kenal betul dengan para pejabat Pemda. Jadi gampang aja kalau mau jadi apa. (Padahal) tidak ada relasi dengan Polda (sama sekali)," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00