Gempungan, Jadi Solusi Atasi Permasalahan Warga Purwakarta

Pemerintahan  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 19:54:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Gempungan, Jadi Solusi Atasi Permasalahan Warga Purwakarta

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Program pelayanan publik secara jemput bola atau biasa disebut gempungan akan terus digalakan. Wakil Bupati Purwakarta, Aming mengungkapkan, pelayanan tersebut salah satu cara dalam menyelesaikan kebutuhan masyarakat.

"Jemput bola ke desa desa seperti pembuatan KK gratis, KTP Gratis, Akte Gratis," kata Aming di Purwakarta, Kamis (6/12).

Bahkan sejumlah program Pemkab Purwakarta yang akan datang sedang berjalan, salah satunya infrastruktur bahkan Dana Bagi Hasil (DBH) Desa.

"Bukan hanya pelayanan,tetapi capaian dan target bisa salah satu yang kita sampaikan dalam program Gempungan dan kita punya program baru dana bagi hasil desa (DBH)," jelasnya.

Target DBH

Aming menjelaskan, Pemkab Purwakarta siapkan dana Rp22 Milyar dalam program DBH tersebut yang diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur di tiap Desa.

Dengan adanya DBH diperkiraan tiap Desa mendapat kucuran dana bagi hasil berkisar Rp100 juta lebih per tahunnya.

"Salah satu penggunaan dana tersebut diperuntukan seperti renovasi rumah tidak layak huni, minimal 2 atau 3 rumah per tahunnya,yang jelas kebutuhan publik harhs terpenuhi,'' katanya.

Bukan hanya itu, dana tersebut juga bisa diperuntukan untuk keperluan lain seperti honorer PKK, operasional posyandu dan ATK desa.

"Untuk pembangunan infrastrukturnya bisa juga untuk pembangunan majlis taklim, musala, madrasah dan lain-lainnya," ujarnya. [aga]

Komentar Pembaca
Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00