Kabupaten Bandung

Pemkab Dorong Pemdes Bentuk Posyantek Desa

Pemerintahan  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 20:48:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pemkab Dorong Pemdes Bentuk Posyantek Desa

Tata Irawan/RMOLJabar

RMOLJabar. Melihat keberhasilan dari Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang hadir di kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendorong Pemdes memiliki Posyantek tingkat Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Tata Irawan mengatakan, posyantek desa hadir sebagai inkubator pemberdayaan sekaligus pengembangan potensi yang ada di desa.

"Posyantek desa harus segera dibentuk, sehingga penerapan TTG (Teknologi Tepat Guna) di desa akan lebih optimal," ujarnya saat Sosialisasi TTG dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa, Kamis (6/12).

Menurut Tata, Pemerintah Desa (Pemdes) punya peran paling sentral karena yang paling mengetahui potensi SDA (Sumber Daya Alam) unggulannya masing-masing.

"Ketika Posyantek dihadirkan oleh Pemdes akan berdampak pada kemajuan ekonomi, penguatan kapabilitas serta peningkatan pendapatan masyarakatnya," ungkap dia.

Tata menyebut selama ini potensi SDA masih dimanfaatkan secara ekploitatif. Tidak memperhatikan daya dukung dan mengabaikan kepentingan masyarakat desa.

"Bahkan merusak lingkungan dan merugikan warga setempat. Nah dengan Posyantek Desa semua potensi bisa dimanfaatkan maksimal di dukung dana desa," jelasnya.

Lebih lanjut, tambah Tata, saat ini baru Posyantek Ciwidey yang terlihat memiliki progres yang baik. Bahkan menjadi juara II TTG tingkat Jabar dengan alat 'kompor aksi'.

"Alat tersebut bisa dimanfaatkan berbagai kegiatan dengan bahan bakar limbah oli dan air. Semoga bisa menginspirasi Posyantek lain untuk terus berinovasi," tandasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00