Bung Fajrie Mengajak Wujudkan Persatuan

Opini  SABTU, 08 DESEMBER 2018 , 11:57:00 WIB

Bung Fajrie Mengajak Wujudkan Persatuan

Revi Marta Dasta

Noer Fajrieansyah atau yang akrab dipanggil Bung Fajrie, merupakan sosok generasi millenial Indonesia yang diharapkan memimpin bangsa ini kedepan. Jumlah kaum millennial yang jumlahnya  lebih dari sepertiga penduduk negeri ini menjadi penentu kepemimpinan bangsa masa depan. Keterwakilan eksistensi generasi millenial di publik melalui Bung Fajrie seakan terwujud karena memiliki ketokohan yang tidak diragukan lagi.

Sebagai mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Bung Fajrie kiprahnya dalam organisasi kepemudaan sangat menonjol. Memimpin PB HMI selama 2 tahun merupakan modal bagi Fajri untuk menakhodai DPP KNPI periode 2018-2022. Kepemimpinan Fajri mengelola dinamika proses di HMI yang berjumlah lebih dari 200 cabang dirasakan sukses sebagian besar kader.

Bung Fajrie adalah profil generasi millenial yang patut dijadikan contoh bagi generasi zaman now” saat ini.  Bung Fajri merupakan figur yang fresh, energik, terbuka, dan penuh semangat dalam berdiskusi dan memaparkan ide-ide brilian beliau. Bung Fajrie adalah sosok petarung, yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.  Seorang petarung tidak akan mudah menyerah dan berani dalam mengambil keputusan.

Selama memimpin PB HMI, Bung  Fajri tidak hanya duduk dibelakang meja, tetapi ia juga langsung turun ke jalan, memimpin kawan-kawannya untuk menyuarakan kepentingan masyarakat. Bung Fajri bahkan pernah dipukul aparat dan menginap di kantor polisi karena membela hak masyarakat.

Kali ini Bung Fajrie meniatkan diri maju sebagai ketua umum DPP KNPI, sebagai wadah berhimpunnya seluruh pemuda Indonesia. Bung Fajrie menginginkan KNPI tampi sebagai organisasi yang kuat dan berwibawa, dengan mengusung tagline "KNPI Satu Nafas". Bung Fajri mengajak semua elemen pemuda untuk bersatu dalam memperbaiki bangsa. Dengan nafas yang satu akan menjadi kekuatan pemersatu dan mengikat komitmen kebangsaan pemuda dalam menghadapi situasi sosial-politik yang semakin panas saat ini.

Persatuan bangsa merupakan sila ke-5 dari pancasila yang senantiasa tertanam dalam sanubari masyarakat Indonesia. Karena pancasila merupakan pedoman yang telah berhasil dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara yang memiliki keragaman suku, etnis, agama dan golongan untuk hidup rukun dan damai. Bagi Bung Fajrie, rasa persatuan perlu ditanamkan sejak awal kepada generasi millenial, supaya mereka tidak mudah terjerumus dalam pengaruh negatif globalisasi.

Bung Fajrie juga mengajak para pemuda untuk berperan aktif dalam revolusi Industri 4.0, yang menitikberatkan pada pengelolaan sistem kerja industri melalui kemajuan teknologi. Artinya pengurangan tenaga manusia akan terjadi dengan meningkatnya perkembangan teknologi. Kemudian Indonesia dihadapi pada tantangan  pada 2030, dimana jumlah penduduk usia produktif di indonesia akan mencapai 52 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Butuh kesiapan pemuda dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, salah satunya meningkatkan skill karena tanpa pendidikan yang cukup maka pemuda Indonesia akan melewati begitu saja manfaat dari bonus demografi tanpa hasil yang maksimal. Pemuda harus merubah kebiasaan-kebiasaan yang banyak mengahabiskan waktu, kemudian beralih dengan memperbanyak kegiatan positif.

Pemuda adalah aset bangsa yang harus terus memupuk pengetahuan, sikap dan skill yang mempuni menghadapi demografi sehingga bisa bersaing. Melalui figur Bung Fajrie yang mumpuni, baik sebagai aktivis maupun berkarir sebagai profesional, KNPI kedepan akan mampu menjadi organisasi yang kuat dan berwibawa. Dengan mengusung "KNPI Satu Nafas", Bung Fajrie telah memiliki visi besar mewujudkan persatuan bangsa serta Bung Jafrie memiliki konsep yang matang untuk generasi millenial  menjadi pemenang dalam revolusi Industri 4.0.  


Oleh: Revi Marta Dasta
Penulis adalah Ketua Umum Badko HMI Sumatera Barat periode 2006-2008


Komentar Pembaca
OBOR Versus OCON

OBOR Versus OCON

SABTU, 15 JUNI 2019

Esemka Dan Emka

Esemka Dan Emka

JUM'AT, 14 JUNI 2019

Hujan Batu

Hujan Batu

JUM'AT, 14 JUNI 2019

Kekayaan Oligarki Taipan Itu Hasil Menjarah Uang Bangsa Indonesia
Lebaran Ini, Aku Pulang!

Lebaran Ini, Aku Pulang!

KAMIS, 13 JUNI 2019

Demo Hamil

Demo Hamil

KAMIS, 13 JUNI 2019