Kabupaten Purwakarta

Baksos Manuk Hiber Komunitas Senyum Indonesia

Sosial  MINGGU, 23 DESEMBER 2018 , 12:29:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Baksos Manuk Hiber Komunitas Senyum Indonesia

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Medan yang cukup berat tak menyurutkan semangat puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Senyum Indonesia untuk membantu sesama, khususnya di daerah pelosok.

Puluhan mahasiswa asal Bandung itu gelar acara Khitanan Manuk Hiber di Desa Parung Banteng Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, selama akhir pekan ini.

Ketua pelaksana Khitanan Manuk Hiber, Mochamad Alghifari mengatakan, Komunitas Senyum Indonesia merupakan komunitas yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, khususnya didaerah pelosok.

Bakti sosial yang dilakukan saat ini adalah selain khitanan masal, pengobatan gratis dan acara keagamaan pun turut memeriahkan acara yang berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu.

"Untuk anak usia remaja kita ada acara tukar pikiran untuk memotivasi agar mereka tetap melanjutkan Sekolah hingga ke perguruan tinggi," ujar dia, Sabtu (22/12) lalu.

Terkait tema khitan di negeri dongeng, ia menjelaskan bahwa pihak panitia menyulap lokasi acara sedemikian rupa sehingga mereka seperti didalam cerita atau dongeng. Super hero yang diperankan sejumlah relawan pun disediakan diruang tunggu sebagai penghibur pengantin sunat. Sehingga mereka tetap dalam keadaan gembira sebelum dan setelah disunat.

"Jumlah pengantin sunat ada 16 orang, setelah disunat kemudian mereka diarak keliling kampung," ujar mahasiswa ITB jurusan Teknik Impormatika tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya di Kecamatan Sukasari, hal serupa juga dilaksanakan didua Kecamatan lainnya, yaitu di Kecamatan Maniis dan Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur.

"Kami gelar acara bakti sosial ditiga lokasi secara serentak, disini ada 90 orang termasuk tim dokter," ucap dia.

Terpisah, Camat Sukasari, Jaya Pranolo mengapresiasi kegiatan positif mahasiswa asal Bandung tersebut. Ia mengatakan, rasa sosial mereka sangat tinggi terhadap membantu sesama. Para mahasiswa mau meluangkan waktu disela-sela kesibukan menuntut ilmu dibangku kuliah. Apalagi acara yang mereka gelar didaerah perbatasan Purwakarta dan Kabupaten Karawang.

"Tentu saya sangat mengapresiasi hal positif ini, dan kami selaku pemerintah daerah siap membantu mensukseskan acara tersebut," ujar Camat.[feb]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00