Ini Sisa Rumah Sakit Di Bekasi Yang Kerja Sama Dengan BPJS Kesehatan

Pemerintahan  JUM'AT, 04 JANUARI 2019 , 23:28:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Ini Sisa Rumah Sakit Di Bekasi Yang Kerja Sama Dengan BPJS Kesehatan

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di tahun 2019 harus sudah memiliki sertifikat akreditasi. Sertifikat akreditasi merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap rumah sakit yang melayani Program JKN-KIS.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Akibatnya, banyak fasilitas kesehatan swasta seperti Rumah Sakit dan Klinik yang belum bersertifikat akreditasi tidak dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi dan tidak dilakukan perpanjangan kontrak. Hal ini dikatakan Humas BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Hastung.

Dalam proses memperbarui kontrak kerja sama, kata dia, perlu dilakukan rekredensialing untuk memastikan benefit yang diterima peserta berjalan dengan baik sesuai kontrak selama ini.

Dalam proses ini, juga mempertimbangkan pendapat Dinas Kesehatan setempat dan memastikan bahwa pemutusan kontrak tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat dengan melalui pemetaan analisis kebutuhan faskes di suatu daerah.

Hal senada disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi, Nur Indah Yuliaty. Menurutnya, banyak Rumah Sakit di Kabupaten Bekasi yang belum menyerahkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk dilakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Ya, ada Rumah Sakit yang belum dapat perpanjang PKS (Perjanjian Kerja Sama) per 1 Januari 2019 karena harus melengkapi beberapa dokumen dan persyaratan, setelah dipenuhi dapat dipertimbangkan untuk perjanjian kerja sama dilanjutkan kembali," ujar Indah.

Perlu diketahui, hanya beberapa rumah sakit saja yang masih menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi, diantaranya RS Sentra Medika, RSUD Kabupaten Bekasi, RS Annisa, RS Bhakti Husada, RS Hosana Medika Lippo, RS Kartika Husada, RS Karya Medika, RS Asri Medika.

Kemudian, RS Amanda, RS Cikarang Medika, RS Cibitung Medika, RS Tiara Bekasi, RS Harapan Mulia, RS Medirossa 2, RS Hermina Grand Wisata, RS Siloam Hospital Lippo Cikarang, RS Kartika Husada Setu RS Ridhoka Salma, RS Omni Cikarang, RS Bunda Mulia.

Lalu, RS Amanda Cikarang RS Metro Hospitals RS Tarumajaya, RS Permata Keluarga Lippo, RS Puspa Husada, RS Permata Keluarga Jababeka, RS Pinna, RS AS Shofwan, Klinik Utama Adistia (Khusus Mata).

Serta beberapa optik yakni Optik Internasional, Optik Trio Jaya, Indo Legenda Optik, Vio Optical Clinic, Optik Index +, Optik Mikeda, dan Optik Meridian. [gan]

Komentar Pembaca
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

SELASA, 19 MARET 2019 , 13:00:00

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

SELASA, 19 MARET 2019 , 08:00:00