Kasus Human Trafficking, DP3AKB: Ada Penurunan 50 Persen

Pemerintahan  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 08:13:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Kasus Human Trafficking, DP3AKB: Ada Penurunan 50 Persen

ilustrasi/net

RMOLJabar. Pada tahun 2018, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat mencatat ada penurunan angka kasus Human Trafficking di Jabar.

Kepala DP3AKB, Poppy Sophia Bakur mengatakan, berdasarkan data perkembangan yang terlayani di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) Jabar, tercatat berkurang lebih dari 50 persen dibandingkan data tahun 2017.

"Pada 2018 yang terlayani ada 23 kasus. Hampir setengahnya ada penurunan," ucap Poppy pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung, Kamis (10/1).

Dirinya menilai, ada beberapa tantangan ketika melakukan evakuasi atau penjemputan para korban Human Trafficking tersebut. Menurutnya, kerap kali pihaknya dibantu Kepolisian harus mengendap-ngendap ke lokasi para korban berada yang memang terisolir.

"Pada saat pengalaman bawa korban di ujung pulau Bali di Buleleng, di kendaraan kita sport jantung meski dengan tim dari Polda, khawatir karena ada mafia yang tidak rela korban dibawa," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jabar, Atalia Praratya berharap, setiap pihak bisa lebih bersinergi untuk menumpas kasus Human Trafficking ini.  Dia sampaikan, sejauh ini data dari kabupaten kota pun belum senada dengan yang tercatat di provinsi.

"Jadi sebenarnya begini, kalau yang selama ini saya pantau, data dari provinsi ini tidak terlalu selaras dengan apa yang terjadi di kota dan kabupaten," ujar Atalia.

Atalia pun mengaku, sejauh ini memang belum terjadi kolaborasi yang utuh dari setiap stakeholder maupun organisasi perlindungan anak dan perempuan. Sehingga ketika terjadi kasus, para korban merasa bingung harus melaporkan kepada siapa.

"Insyaallah dalam waktu dekat kita akan duduk bersama-sama termasuk dengan para dewan pakar yang mereka peduli dengan perlindungan anak," ungkapnya.

Dirinya optimis angka kasus Human Trafficking ini bisa terus ditekan, sehingga tak lagi ada warga Jabar yang menjadi korban.

"Mudah-mudahan nanti kita akan buat terstruktur dan tersistem lagi dengan baik," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 07:00:00