Jawa Barat

Bawaslu RI Tindaklanjuti Pose Satu Jari Emil

Politik  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 09:32:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Bawaslu RI Tindaklanjuti Pose Satu Jari Emil

foto/dok

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI tindaklanjuti laporan Aliansi Anak Bangsa (AAB) soal video Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) yang berpose satu jari dalam kampanye PKB di Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja, kasus tersebut sedang ditindaklanjuti dan masih dalam proses awal sehingga perlu kajian terkait laporan tersebut.

"Pada saat ini apapun laporannya tentu kita akan tindaklanjuti, akan tetapi kita perlu mengkaji apakah ini sudah memenuhi alat bukti, apakah ini terjadi pelanggaran pidana itulah yang menjadi bahan kita kedepan dalam 3 hari plus 2 hari yang dibutuhkan untuk menilai suatu perkara, ini benar - benar tindakan pidana atau bukan," kata Rahmat, Kamis (10/1).

Rahmat menegaskan, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada Emil untuk melakukan pendalaman sebelum nantinya Bawaslu memutuskan perkara tersebut.

"Kemungkinan pemanggilan itu pasti ada, tergantung dari hasil nanti yang kami kaji," uajr Rahmat.

Anggota Bawaslu tersebut belum memberi kepastian di tingkat mana kasus tersebut akan mulai di garap.

"Tergantung, apakah nanti ditangani oleh Bawaslu Jabar sendiri atau ditangani oleh Bawaslu kota bandung," tambah Rahmat.

Diketahui, selain Emil, ada sejumlah nama kepala daerah lain yang turut dilaporkan. Bawaslu pun menindaklanjuti setiap kasus dengan mengacu aturan yang telah ditetapkan.

"Kami lihat case nya, kami lihat dengan undang -undang dengan PKPU apakah ini melanggar atau bukan, itu yang kami kaji," tutupnya.[son]


Komentar Pembaca
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

SELASA, 19 MARET 2019 , 13:00:00

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

SELASA, 19 MARET 2019 , 08:00:00