Kabupaten Bandung

Belanja Dengan Membawa Kantong Sendiri Harus Jadi Budaya

Pemerintahan  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 11:26:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Belanja Dengan Membawa Kantong Sendiri Harus Jadi Budaya

foto/dok

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser ingin agar aktifitas belanja dengan membawa kantong sendiri bisa menjadi budaya masyarakat di wilayahnya baik saat di pasar tradisional maupun pasar modern.

Dadang memandang jikalau kebiasaan membawa tas atau kantong belanjaan dari rumah itu bisa dilakukan, setidaknya dapat mengurangi volume sampah yang di hasilkan masyarakat Kabupaten Bandung.

"Apalagi sejauh ini sampah berbahan plastik masih mendominasi timbunan sampah disini. Program dalam mengurangi penggunaan kantong plastik terus kami siapkan," ungkap Dadang, Jumat (11/1).

Menurut dia, dibawah kepemimpinannya ibukota Soreang sudah memiliki peraturan daerah (perda) maupun peraturan bupati (bupati) tentang pembatasan penggunaan plastik ini sehingga tinggal diaplikasikan.

"Perda dan Perbup kan sudah ada cuma perlu dimaksimalkan. Kami pun terus mensounding bank bank sampah agar penanganan sampah anorganik selesai dengan cara daur ulang," ucap Dadang.

Dadang bersyukur langkahnya membatasi penggunaan plastik mendapat respon pengusaha pasar modern. Sesuai rencana baik supermarket atau minimarket akan pakai kantong belanja ramah lingkungan.

"Mereka (pengusaha pasar modern) sedang merancang untuk tidak lagi menggunakan plastik sembarangan sebagai kantong belanja yang nanti diberikan ke konsumen," tandas lelaki yang akrab disapa Kang DN itu.[son]

Komentar Pembaca