Soal DCT OSO, Bawaslu Sejalan Dengan MK

Politik  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Soal DCT OSO, Bawaslu Sejalan Dengan MK

Bwaslu/Net

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) sejalan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa anggota DPD tidak boleh menjadi pengurus partai. Salah satunya ialah Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Hal itu disampaikan oleh Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja kepada RMOLJabar, usai menyampaikan materi dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Balai latihan tenaga Koperasi dan UMKM Jabar, kamis (10/1).

"Bawaslu sejalan dengan putusan MK, akan tetapi waktunya yang berbeda, karena masuk dengan DCT oleh sebab itu nanti setelah beliau terpilih, beliau harus mengundurkan dari partai," ujar Rahmat.

Menurutnya hal tersebut akan berdampak kepentingan sebagai anggota DPD, maka dalam amar, diputuskan OSO harus mengundurkan diri setelah terpilih.

"Jelas dari pekerjaan lain itu mempunyai dampak konflik kepentingan sebagai anggota DPD. Oleh sebab itu kami putuskan satu hari setelah ia terpilih harus mengundurkan diri, kalo dia tidak terpilihkan jelas dia bukan anggota DPD, jadi jauh sebelum dilantik harus mundur," tuturnya.

Rahmat mengatakan, jika Bawaslu tidak segera mengambil putusan maka tidak ada calon anggota tetap DPD, disebabkan Surat Keputusan(SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1130/PL.01.4-Kpt/06/KPU-IX/2018 tentang penetapan daftar calon tetap perseorangan peserta pemilu anggota dewan perwakilan daerah tahun 2019 dinyatakan batal oleh PTUN.

"Bahwa sekarang kalau tidak ada putusan Bawaslu maka tidak ada calon anggota tetap DPD, karena SK tentang caleg DPD tetap itu sudah dibatalkan oleh PTUN, inilah yang kemudian dicarikan jalannya oleh bawaslu," pungkas Rahmat.

Seperti diketahui Bawaslu telah memutuskan agar KPU menerbitkan keputusan baru tentang DCT anggota DPD serta mencantumkan OSO sebagai calon tetap peserta pemilu anggota DPD tahun 2019. [yud]

Komentar Pembaca
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

Rapat Timses Bocor, Jokowi Sudah Enggak Laku

SELASA, 19 MARET 2019 , 13:00:00

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

TNI Layani 4.153 Pengungsi Banjir Sentani

SELASA, 19 MARET 2019 , 08:00:00