Modal Kepercayaan Antarkan Boyke Dari Pengusaha Ke Politisi

Politik  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 11:55:00 WIB | LAPORAN: MAHARDIKA

Modal Kepercayaan Antarkan Boyke Dari Pengusaha Ke Politisi

Boyke Febrian Mohammad/RMOLJabar

RMOLJabar. Berjiwa bisnis memang sudah ada dalam jiwa pria kelahiran Bandung 2 Febuari tahun 1966 yaitu Boyke Febrian Mohammad, Calon Anggota Legislatif DPR-RI Dapil Jawa Barat 1 kota Bandung dan Cimahi.

Kesuksesannya sebagai pembisnis, wajib banget diacungkan jempol. Berawal dari kegemarannya membaca dan mengoleksi buku, Boyke yang pada saat itu masih duduk di bangku SD sudah memiliki jiwa bisnis, terinspiasi dari Taman Bacaan Maranatha di tahun 1976. Boyke diberi modal oleh sang ayah untuk menambahkan koleksi buku.

"Melihat taman bacaan itu, saya memiliki ide untuk menyewakan buku-buku koleksi saya seperti komik, novel dan buku-buku lainnya dengan harga sewa 20 rupiah pada saat itu. Nah, disitu selain ada nilai materi yang didapat, saya juga belajar untuk percaya kepada orang. Secarakan, modal dari sebuah tempat baca adalah kepercayaan. Saya terlatih untuk percaya kepada orang yang menyewa buku saya dan ini merupakan modal awal yang saya pegang,”ujar Boyke kepada RMOLJabar. Sabtu (12/1).

Karena kebiasaan untuk mencari peluang usaha sudah tertanam dalam jiwa Pria yang saat ini memiliki usaha donat ubi, saat SMP sampai SMA Boyke terus berinovasi mencari celah untuk berjualan seperti membuat kaos olah raga hingga membuat souvenir dari papan flat nomor yang diubah dengan nama orang.

"Nah, sampai kuliah jiwa entrepreneur saya semakin matang. Tahun 1987 saya menjadi broker percetakan, nyambi kuliah di Lulusan FEUI yang rata-rata lulusannya jadi profesional atau bahkan tak sedikit yang jadi mentri, kalau saya bakatnya yah jadi pembisnis," papar Boyke.

Keterlibatan Boyke dalam dunia politik, ada kaitannya dengan prinsip hidupnya yaitu ‘harus bisa memagang kepercayaan orang yang sudah percaya kepada kita’

"Keterlibatan saya di dunia politik berawal dari perkenalan saya dengan almarhum Syamsul Muarif yang merupakan salah satu petinggi golkar dan ketua fraksi di DPR saat itu. Di tahun 2000 alm Syamsul Muarif di angkat oleh Presiden Megawati sebagai Menkominfo, dan syamsul mengangkat Saya sebagai stafkhusus Mentri untuk menbantunya, saya bersyukur bisa dipercaya untuk ikut bersama alm Pak Syamsul menbangun depkominfo mulai dari nol," papar Boyke.

Bagi Boyke kunci dari kesuksesan adalah Jujur, Ulet, Kreatif, Moralitas dan beretika, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain. [yud]



Komentar Pembaca