Pemkab Bandung Ikut Bantu Korban Bencana Puting Beliung

Pemerintahan  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 19:30:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pemkab Bandung Ikut Bantu Korban Bencana Puting Beliung

Dadang M Naser/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan ikut membantu korban angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, terutama bagi yang tempat tinggalnya rusak akibat disapu bencana itu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser disela sela peninjauan lokasi bencana alam beserta jajaran Pemkab Bandung di Komplek Perumahan Rancaekek Permai, Sabtu (12/1) siang.

Menurut Dadang, pemerintah setempat melalui instansi terkait akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak pengembang (kawasan yang terdampak bencana) terkait kepastian dalam perbaikan rumah tersebut.

"Untuk bantuan rumah yang rusak usai diterjang bencana di komplek perumahan (Rancaekek Permai), kami akan koordinasi dengan pihak pengembang," ujar orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu.

Jangka pendek ini, lanjut Dadang, pihaknya akan melakukan langkah penanganan seperti menyediakan makan dan minum, air bersih melalui posko dan dapur umum yang sudah didirikan tak jauh dari lokasi kejadian.

"Selain logistik, kami juga akan menyiapkan bantuan materil yang akan diberikan kepada mesjid sebagai lokasi pengungsian, karena sifatnya untuk kepentingan umum dan sarana ibadah masyarakat," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, lelaki yang akrab disapa Kang DN itu mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Bandung agar meningkatkan kewaspadaan sekaligus mengenali tanda-tanda bencana alam.

"Angin puting beliung merupakan fenomena alamiah yang biasa ditandai dengan hujan lebat dan angin kencang yang berdurasi singkat. Fenomena ini biasanya juga terjadi saat masa (musim) pancaroba," tandasnya. [aga]

Komentar Pembaca