Pantau Medsos, Cara Polres Cimahi Minimalisir Hoax Jelang Pemilu

Hukum  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 21:53:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Pantau Medsos, Cara Polres Cimahi Minimalisir Hoax Jelang Pemilu

AKBP Rusdy Pramana Suryanagara/RMOLJabar

RMOLJabar. Polres Cimahi menurunkan tim cyber untuk memantau potensi berita bohong atau Hoax di dunia maya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gangguan keamanan jelang Pileg dan Pilpres yang beredar di media sosial.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim untuk memantau perkembangan informasi di dunia maya, khususnya lewat media sosial.

"Kami masih melaksanakan patroli dan kami masih mendalami terus informasi-informasi yang berada di media sosial," kata Rusdy, Sabtu (12/1).

Dalam pengamannya, wilayah patroli Polres Cimahi meliputi wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi serta wilayah Margaasih, Kabupaten Bandung.

Rusdy mengatakan, pemantauan dunia maya, khususnya untuk meminimalisir isu hoax, pihaknya telah membentuk unit cyber di bawah Satreskrim Polres Cimahi.

"Dari penegakan hukum, Satreskrim sudah membentuk unit cyber, tugasnya untuk patroli cyber," jelasnya.

Sementara untuk pengamanan keseluruhan, lanjut Rusdy, pihaknya bakal menerjunkan sekitar 800 lebih personel. Belum ditambah dari unsur TNI maupun pemerintahan. Dalam pengamanan Pemilu 2019 ini, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak lama.

"Sejauh ini secara umum situasi wilayah hukum Polres Cimahi masih aman dan kondusif," tandasnya. [aga]

Komentar Pembaca