Kabupaten Purwakarta

Kades Gurudug Bantah Usir Bidan Desa

Pemerintahan  SENIN, 14 JANUARI 2019 , 15:31:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Kades Gurudug Bantah Usir Bidan Desa

Solihin/Ist

RMOLJabar. Kepala Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, Solihin, memastikan tidak ada pengusiran Bidan Desa yang bertugas di wilayahnya.

Menurutnya, para pihak yang beranggapan ada pengusiran bidan di desanya kurang cermat membaca isi surat yang dikirim kepada Dinas Kesehatan dengan No. 140/15/2009/XII/2018 yang berkaitan dengan Laporan Kinerja Bidan Desa. Surat itu jika dicermati berisi bahwa poin mengajak Bidan Desa untuk kerja sama dengan Pemerintah Desa. Bukan pihak desa mengusir bidan desa.

"Saya tegaskan tidak ada usir mengusir, kami hanya mengajak untuk kerja sama yang selama ini tidak berjalan dengan baik. Salah satu buktinya yakni tidak melibatkan kader-kader desa yang aktif," ujar Solihin kepada awak media, Senin (14/1).

Dia katakan, selama 2018 Bidan Desa tidak melaporkan baik lisan ataupun secara tertulis laporan kepada Pemerintah Desa. Padahal pemerintah Desa menginginkan adanya kerja sama dan solusi yang terbaik untuk warga Desa Gurudug.

"Ini miris bagi kami, konsep sinergitas harus satu visi dan misi bukan malah solo karir. Jika dikemudian hari terjadi hal yang tidak diinginkan kepada warga kami, yang disalahkan pasti pemerintah desa. Maka dari itu, ayo kita bangun kerjasama yang baik," ujar Kades.

Ia mengaku sudah berupaya untuk berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Pondoksalam, akan tetapi tidak mendapatkan tanggapan dari pihak Puskesmas tersebut.

"Semoga dengan mengirimkan surat tersebut kepada Dinas Kesehatan ada jawaban terbaik demi kemajuan Desa Gurudug," tuturnya.

Sementara, berkaitan dengan proyek desa yang dianggap bermasalah itu juga tidak benar. Pemerintah Desa dalam menjalankan atau merealisasikan anggaran itu berpatokan pada perencanaan atau APBDes, dan semua itu sudah sesuai dengan yang ada di APBDes.

"Pembangunan SAB dan Pipanisasi yang menggunakan Dana Desa (DD) tersebut berpedoman pada perencanaan (APBDes)," demikian Kades. [gan]

Komentar Pembaca