Nobar Debat Sebagai Metode Baru Edukasi Politik Bagi Masyarakat

Politik  KAMIS, 17 JANUARI 2019 , 22:04:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Nobar Debat Sebagai Metode Baru Edukasi Politik Bagi Masyarakat

Reza Alwan/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menggelar acara nonton bareng (Nobar) Debat Perdana Capres-Cawapres di Kesekretariatan KPU di Jalan Gerakan Koperasi No. 18 Majalengka, Kamis (17/1) malam.

Pantauan RMOLJabar, selain jajaran Komisioner KPU Majalengka dan PPK se-Kabupaten Majalengka serta Anggota Bawaslu Majalengka Alan Barok (Kordiv SDM dan Organisasi), acara Nobar dihadiri pula Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Reza Alwan.

Reza Alwan Alwan menjelaskan, kegiatan Nobar di tingkatan daerah memang bukan merupakan hajat resmi penyelenggara kepemiluan. Sebab, KPU RI sendiri memiliki agenda secara terpusat melalui tayangan debat di beberapa stasiun televisi. Meski demikian, Penyelenggara Pemilu di tingkat daerah, mensupport kegiatan tersebut dengan acara Nobar agar proses sosialisasi tetap berjalan dengan memanfaatkan momentum yang ada.

"Ini adalah bentuk tanggungjawab Kami untuk sosialisasi secara tidak langsung kepada masyarakat. Kemudian kami diarahkan oleh KPU RI untuk berinisiatif mengadakan nonton bareng (bareng)," ungkap Reza Alwan sebelum Nobar dimulai di Kantor KPU Majalengka.

Reza menambahkan, kegiatan Nobar di kantor-kantor kesekretariatan KPU tingkat Kota dan Kabupaten ini, di tahap awal masih bersifat sederhana dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Tak hanya di tingkat daerah, bahkan untuk di Provinsi Jawa Barat sendiri, kata Dia, dilakukan hampir di seluruh PPK (tingkat Kecamatan).

Ke depan, ucap Dia, tidak menutup kemungkinan kegiatan Nobar diperluas kembali di tempat-tempat terbuka dan strategis lainnya. Dengan cara ini, diharapkan agenda kepemiluan dapat diketahui oleh masyarakat luas yang pada akhirnya mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat serta terpilih pemimpin sesuai harapan masyarakat.

"Sehingga nonton bareng ini menjadi suatu metode edukasi baru dan metode sosialisasi baru kepada masyarakat dengan cara nonton bareng debat Capres-Cawapres," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 07:00:00