Kota Sukabumi

Bawaslu Rekrut Pengawas TPS Pilkada Lalu

Politik  SELASA, 22 JANUARI 2019 , 15:42:00 WIB | LAPORAN:

Bawaslu Rekrut Pengawas TPS Pilkada Lalu

Muhammad Aminuddin/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi coba merekrut kembali pengawas TPS yang sempat bertugas dalam Pilkada 2018 lalu. Hal itu tentu saja yang memenuhi syarat sesuai undang-undang.

"Selama orangnya siap dan memenuhi syarat akan diikutkan ulang sebagai pengawas TPS untuk Pileg dan Pilres," ujar Anggota Bawaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin kepada RMOLJabar, Selasa (22/1).

Apalagi jumlah pengawas TPS yang dibutuhkan dalam Pileg dan Pilres 2019 mencapai 1,060 orang. Hal itu sesuai jumlah TPS yang ada di Kota Sukabumi.

"Kita membutuhkan 1.060 orang. Kalaupun sebagian merupakan pengawas TPS yang lama, masih memerlukan banyak pengawas lainnya," ucapnya.

Bahkan, jika di satu keluran dalam lingkup kecamatan yang sama tidak ada sumber daya manusia untuk mengawasinya, bisa mengambil dari kelurahan lain. Hal itu tentu saja, tidak boleh keluar dari kecamatan yang sama.

"Jadi kalau mau ngambil dari kelurahan lain, harus satu kecamatan. TIdak bileh beda kecamatan. Hal itu juga jika dalam keadaan mendesak dan tidak ada SDM yang mumpuni," ungkapnya.

Menurutnya, proses perekrutan pengawas TPS akan dilakukan sekitar akhir Februari atau awal Maret mendatang. Pasalnya proses pelantikannya h-23 pencoblosan.

"Nanti kewenangannya ada di setiap Panwascam masing-masing," pungkasnya. [yud]



Komentar Pembaca