Nelayan Indramayu Keluhkan Muara Sungai Sumber Mas

Ragam  SELASA, 22 JANUARI 2019 , 23:06:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Nelayan Indramayu Keluhkan Muara Sungai Sumber Mas

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Sejumlah nelayan Indramayu mengeluhkan keberadaan Muara Sungai Sumber Mas di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Belasan tahun lamanya, mereka kesulitan menyandarkan kapal usai bernelayan.

Muara Sungai Sumber Mas menjadi satu-satunya jalur lalu lintas kapal-kapal nelayan saat mencari ikan di laut. Namun, dengan kondisi muara yang cukup memprihatinkan, muara sungai pun mengalami pendangkalan, akhirnya nelayan tak ada akses menuju daratan.

Hal itu terungkap saat Anggota DPR RI Yoseph Umarhadi melakukan kunjungan ke Desa Ilir pada Minggu (20/1) sore dan disambut Kepala Desa (Kuwu) Ilir Wahab, para tokoh masyarakat dan nelayan selam pencari Kerang Batik.

"Mereka menyampaikan keinginan masyarakat yang sudah belasan tahun merindukan adanya Breakwater di Muara Sungai Sumber Mas, Desa Ilir, Kec Kandanghaur," ungkap Yoseph Umarhadi kepada awak media Cirebon Raya, Selasa (22/1).

Menurut mereka, lanjut Yoseph Umarhadi, dengan adanya Breakwater, maka Muara Sungai tersebut selanjutnya juga dapat dibangun Jetty sebagai tempat sandar kapal para Nelayan.

Selain itu, ucapnya, masyarakat nelayan juga mengusulkan pengerukan (normalisasi) Sungai Sumber Mas tersebut agar para nelayan dapat merapat dan menyandarkan kapal-kapal mereka menuju Jetty dan mendarat dengan aman dan lancar.

Yoseph Umarhadi menambahkan, berdasarkan informasi yang disampaikan salah satu tokoh masyarakat kawasan itu (Muslikin), para nelayan sangat mengharapkan adanya pembangunan TPI di Muara Sungai Sumber Mas ini. Sebab, selama ini para nelayan kapal-kapal besar lebih banyak melakukan bongkar-muat ikan di Muara Karang Puit-Jakarta Utara, bukan di Indramayu.

"Para nelayan besar dan nelayan sedang akan bongkar muat di sini. Selama ini mereka terpaksa bongkar ikannya di Jakarta, sehingga nilai tambah dinikmati oleh pelabuhan Ikan Muara Karang. Hampir semua nelayan di Muara karang berasal dari Kandanghaur dan Karangsong Indramayu," pungkasnya.

Diketahui, mayoritas nelayan sekitar itu adalah nelayan pencari cumi-cumi, kerang batik, dan Ikan-ikan besar. Sehingga, potensi Muara Sungai menjadi pelabuhan bongkar muat Ikan (TPI), sangat dimungkinkan. [aga]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00