Kang Yayan: Turnamen Piala 3M Tingkatkan Prestasi Catur Indonesia

Olahraga  MINGGU, 27 JANUARI 2019 , 16:13:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Kang Yayan: Turnamen Piala 3M Tingkatkan Prestasi Catur Indonesia
RMOLJabar. Politisi muda PDI Perjuangan Yayan Sopyani mengapresiasi turnamen terbuka catur untuk memperebutkan Piala 3 M, yang merupakan kepanjangan dari Piala Maruarar Sirait, Muhammad Misbakhun dan M. Hatta Taliwang.

Turnamen catur ini dilaksanakan di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu malam (27/1). Yayan datang ke lokasi turnamen dan memantau langsung pertandingan dengan sangat antusis.

"Kompetisi ini merupakan sarana yang sangat baik dalam rangka meningkatkan prestasi catur Indonesia," kata Yayan, tokoh muda asal Ciamis, Jawa Barat ini.

Menurut Yayan, catur merupakan olahraga yang sangat murah (ekonomis) namun digemari oleh penduduk Indonesia. Bahkan di setiap gang, di sudut-sudut kampung suka digelar pertandingan catur.

"Ke depan, anak muda harus menjadikan catur bukan semata hobby atau iseng. Melainkan juga bisa menjadi sarana mengukir prestasi. Jadikanlah hobby juga bisa mendatangkan kehidupan. Ikutilah jejak para pemain catur yang menjelajahi dunia," ungkap Yayan, yang dalam kesempatan ini juga menyerahkan Piala kepada Pemenang Kategori non-master.

Dalam turnamen yang dikoordinasikan oleh M Hatta Taliwang ini, hadir 862 peserta. Rincian peserta, 150 orang untuk kategori Master, 13 orang Master Internasional, 24 orang perwakilan Fide Master. Sementara peserta Non-Master mencapai 560 peserta.

Selain itu ada juga kelompok junior yang berdasarkan kategori usia. Yaitu kelompok umur 12 tahun ada 70 pemain dan kelompok umur 16 tahun ke atas ada 46 pemain. Sementara dari kelompok wasit ada 24 pemain.[son]



Komentar Pembaca