KOTA CIREBON

Yoseph Umarhadi Sebut Anggaran Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Capai 1 Triliun Per Tahun

Politik  MINGGU, 03 FEBRUARI 2019 , 02:08:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Yoseph Umarhadi Sebut Anggaran Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Capai 1 Triliun Per Tahun

YOSEPH UMAR HADI/RMOLJabar

RMOLJabar. Anggota MPR RI Yoseph Umarhadi meminta semua komponen bangsa ikut mendukung kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, termasuk mendapat perhatian masyarakat.

Menurut Yoseph, MPR RI adalah lembaga satu-satunya yang mendapatkan amanat berdasar Undang-Undang untuk melakukan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, baik itu tentang Ideologi Pancasila, NKRI, UUD 1945 maupun makna Bhinneka Tunggal Ika. Pihaknya, sebut Yoseph, diberi mandat untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan sebanyak 6 kali dalam setahun.

"Anggaran ini (Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan) sekitar 1 triliun (tiap tahunnya)," ungkap Yoseph Umarhadi kepada RMOLJabar, di Kota Cirebon, Sabtu (2/2).

Dijelaskan Yoseph, Lembaga MPR RI terdapat sebuah badan khusus yang menangani kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang disebut dengan Badan Sosialisasi (Bansos). Di dalam Bansos terbagi menjadi beberapa kelompok dan dirinya tergabung dalam kelompok 7 Bansos MPR RI.

Sejalan dengan program Bansos MPR RI, Pemerintah Pusat pun membuat sebuah lembaga atau badan khusus yang mengkaji, menelaah dan ikut menanamkan pemahaman kebangsaan tentang Ideologi Negara, Pancasila.

"Pemerintah membentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai pengganti UKP. BPIP lebih independen dan konsen untuk membahas dan mengkaji Ideologi Pancasila," paparnya.

"Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia. Maka anak-anak muda harus memahami. Makanya kegiatan ini harus didukung, disupport," tambah Yoseph.

Bicara soal Pemilu 2019, Yoseph sependapat dengan tokoh masyarakat Djodjo Sutardjo. Menurut Yoseph, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan mengajarkan tentang pentingnya peran masyarakat terhadap proses pemilihan umum (pesta demokrasi).

"Termasuk pemilu 2019 nanti, merupakan bagian kecil dari implementasi dari amanat UU 45 dan Pancasila," menurut dia.

Melalui sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, harap Yoseph, urgensitas dan nilai-nilai dasar baik yang terkandung dalam Pancasila, NKRI, UUD 1945 maupun Bhinneka Tunggal Ika, benar-benar dapat ditransformasikan kepada seluruh masyarakat, khususnya dunia masyarakat pegiat Seni dan kelompok senam di Kota Cirebon.

"Hampir setiap tahun Badan Sosialisasi MPR RI mengagendakan untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila sebagai filsafat atau ideologi bangsa, NKRI sebagai kedaulatan negara, UUD 1945 sebagai konstitusi bangsa dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa kita," ungkap Yoseph

Di sisi lain, Yoseph menilai, kelompok senam dan nyanyi sebagai wadah yang sangat efektif dan peran penting terutama dalam mentransformasikan program-program Bansos MPR RI. Olehnya, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama kelompok Simphony Sembilan mampu memberikan kontribusi positif dalam menterjemahkan materi tentang kewarganegaraan dan kebangsaan.

"Karena siapa pun berhak untuk mendapatkan sosialisasi ini. Dan ini adalah modal kita, kekayaan kita sebagai Warga Negara Indonesia," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad