KABUPATEN KARAWANG

Empat Pilar Kebangsaan, Satukan Keberagaman

Politik  SENIN, 04 FEBRUARI 2019 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Empat Pilar Kebangsaan, Satukan Keberagaman

Daniel Lumban Tobing/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 150 peserta yang berasal dari Pengurus, Kader PDI Perjuangan dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. Ikuti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Daniel Lumban Tobing di Aula Gedung Pertemuan di Kecamatan Purwasari, Senin (4/2).

Dalam sosialisasi yang digelar mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.30 WIB itu, sejumlah materi tentang pentingnya Empat pilar berbangsa dan bernegara, disampaikan oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu.

Daniel berharap, para kader PDI Perjuangan bisa menjadi garam dan terang dalam bermasyarakat.

"Jangan mudah terprovokasi atas berita-berita di medsos yang kebanyakan hoaks. Silaturahmi dan musyawarah dengan semua pihak hendaknya bisa dikedepankan. Sesuai perintah Ketua Umum PDI Perjuangan untuk membumikan Pancasila," ujarnya.

Sebagai sesama anak bangsa, semua diharapkan bisa bersatu untuk memajukan Kabupaten Karawang, khususnya dan memajukan Indonesia secara lebih luas.

Menurutnya, kita semua sebagai anak bangsa secara bersama-sama harus tetap menjaga nilai-nilai Pancasila yang semakin terlupakan dan terkikis oleh adanya nilai-nilai baru yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Tanpa disadari bangsa kita seolah terus bergerak semakin menjauh dari Pancasila sebagai jati diri bangsa yang bercirikan semangat gotong royong.

Dia katakan berikutnya, dengan lebih memahami identitas negaranya sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan menjunjung nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar ini harus menjadi prioritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, Daniel juga mengatakan, kebebasan berpendapat memang menandai lahirnya era reformasi, tapi seringkali kebebasan tersebut dimaknai bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial.

"Tentu saja, hal tersebut sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan.

"Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat," kata Daniel.

Selain itu, sesuai dengan tugas yang diamanatkan UU nomor 17 tahun 2004, selaku Anggota MPR RI dia wajib melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, yaitu; Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah pemilihan yang bersangkutan. [yls]

Komentar Pembaca
Sebelum Sandi, Jokowi Pernah Janji Hapus Ujian Nasional
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

KAMIS, 21 MARET 2019 , 13:00:00