Rocky: Slogan Saya Pancasila Bukan Toleransi Tapi Arogansi

Politik  SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 01:09:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Rocky: Slogan Saya Pancasila Bukan Toleransi Tapi Arogansi

Rocky Gerung/Net

RMOLJabar. Slogan 'Saya Indonesia Saya Pancasila' yang digaungkan oleh pemerintah hari ini, adalah slogan arogansi bukan slogan toleransi.

Begitu dikatakan, Filsuf Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung, saat menjadi pembicara Talkshow, di Ballroom Hotel Ibis, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Senin (4/2).

Rocky pun menyindir tema talkshow yang bertajuk 'Kategori Pemimpin Bangsa yang Bisa Mempererat Persatuan Bangsa'. Seharusnya kata Rocky, temanya menjadi 'Kategori Pemimpin Bangsa yang Gagal Mempererat Persatuan Bangsa'.

Dijelaskan Rocky, gagal itu menjadi kata yang cocok untuk menggambarkan pemerintah hari ini. "Kata gagal itu jatuh disini atau dimana?," kata Rocky seolah mencari kata yang jatuh dari spanduk talkshow yang berada di depan panggung.

"Kenapa? karena terucap dari beliau (Jokowi-red) adalah kami pancasila, saya pancasila, apakah itu slogan toleransi? bukan itu slogan arogansi. Jadi itu yang sebetulnya yang menjadi sumber perpecahan kita hari ini. Karena ada satu pihak yang mengklaim sebagai pancasilais dengan berakibat yang lain adalah anti pancasila," terang Rocky.

Sehingga, kekuasaan yang dipegang hari ini tidak mempunyai pengetahuan tentang etika politik, sejarah politik dan yang lainnya.

"Itu berarti ada kondisi akal sehat yang dimanipulasi," demikian Rocky. [yls]

Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

RABU, 17 APRIL 2019 , 17:00:00