Warga Desa Jadi Sasaran Hoax Tentang Jokowi

Politik  RABU, 06 FEBRUARI 2019 , 01:02:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Warga Desa Jadi Sasaran Hoax Tentang Jokowi

Berdesa Jokowi 01/RMOLJabar

RMOLJabar. Serangan berita bohong (hoaks) dan fitnah yang dialamatkan kepada Joko Widodo diduga telah sampai ke masyarakat desa.

Aktivitas dan obrolan sehari-hari warga daerah itu diyakini sudah akrab dengan kabar-kabar menyesatkan terkait pemerintah.

Hal ini disadari betul oleh Barisan Relawan Desa (Berdesa) Jokowi 01 Jawa Barat. Koordinator Berdesa Jokowi 01 Jawa Barat, Indra Sudrajat, mengatakan, tatar Pasundan ini memiliki wilayah yang luas serta jumlah desa yang banyak.

Dengan begitu, dia menyadari provinsi yang jumlah penduduknya paling banyak ini akan menjadi sasaran penyebaran hoaks dan fitnah kepada calon presiden, Joko Widodo. "Di desa memang berat. Tantangan di desa sangat berat," ucapnya usai menggelar rapar koordinasi di Bandung, Selasa (5/2).

Salah satunya karena masih belum banyak warga desa yang menggunakan media sosial. Padahal, tambah dia, peredaran hoaks dan fitnah kepada Joko Widodo terus dilakukan termasuk melalui serangan darat.

"Hari ini di sana (desa-desa) membicarakan pilpres, soal fitnah, berita bohong, yang langsung mereka perbincangkan. Ini harus dinetralisir," katanya.

Oleh karena itu, Berdesa Jokowi 01 mengaku memiliki 7 ribu relawan yang akan bergerak ke setiap desa untuk mengimbangi peredaran hoaks dan fitnah. Mereka akan disebar ke 5.312 desa untuk menyampaikan berbagai keberhasilan yang ditorehkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Di Jawa Barat itu, terutama di desa-desa, tidak fair. Pak jokowi sudah melakukan banyak hal, terutama untuk desa, tapi kalah oleh isu-isu remeh temeh. Siapa Pak Jokowi, keturunan Pak Jokowi itu siapa, pak Jokowi itu komunis, jadi (keberhasilan Joko Widodo) kalah oleh hal-hal yang tidak substantif," katanya.

Di tempat yang sama, Pembina Berdesa Jokowi 01 Jawa Barat, Abdy Yuhana, mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memberi perhatian yang lebih untuk masyarakat desa. Salah satunya melalui penyaluran dana desa yang hingga kini telah mencapai sekitar Rp150 triliun.

Tak hanya itu, menurutnya pembangunan di daerah ini terus digenjot dengan hadirnya sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat seperti jalan, jembatan, dan irigasi.

"Juga harga BBM yang sama antara wilayah barat dan timur (Indonesia). Ini menunjukkan keberpihakan Pak Jokowi kepada desa," pungkasnya. [yls]




Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00