Program Saudagar Jabar, Komitmen Emil Tingkatkan Sektor Perekonomian

Ekbis  KAMIS, 07 FEBRUARI 2019 , 17:31:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Program Saudagar Jabar, Komitmen Emil Tingkatkan Sektor Perekonomian

Ridwan Kamil/RMOLJabar

RMOLJabar. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen untuk meningkatkan sektor perekonomian bagi masyarakat Jawa Barat. Pusat perekonomian di Jawa Barat akan disentralkan di 3 kawasan utama.

"Masa depan Jawa Barat ada di Segitiga. Kertajati (BIJB di Majalengka), Patimban (Pelabuhan di Indramayu), (dan) Cirebon," sebut Emil panggilan karib Gubernur Jabar usai acara Muprov VII KADIN Jabar di Hotel Aston Cirebon, Kamis (7/2).

Di sektor perindustrian dan perdagangan, kata Emil, Provinsi Jawa Barat telah membuat program primadona yang disebut dengan Saudagar Jabar. Program ini akan memback up peluang-peluang bagi pertumbuhan perekonomian yang ada di 3 kawasan tersebut.

"Jadi wilayah paling maju, paling futuristik, paling luar biasa ada di Segitiga daerah itu," kata Emil.

Selama ini, geliat perekonomian di Jawa Barat melalui ketiga daerah tersebut mulai meningkat. Ke depan Provinsi Jawa Barat akan terus berupaya secara maksimal melalui kebijakan-kebijakan strategis untuk mendongkrak laju perekonomian

"Pembangunan infrastruktur akan terus kita maksimalkan, bandara-bandara baru di Sukabumi, di Tasikmalaya, Pangandaran. Jalur Kereta Api akan dibangun untuk melengkapi kekuatan Jawa Barat," paparnya.

"Secara umum Jawa Barat ini Juara. Pertumbuhan ekonomi nya baik, realisasi investasi itu 116 Triliun. Itu juara 1 se Indonesia," sambung Emil.

Tak cukup di situ, lanjut Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melibatkan semua stackholder termasuk Kadin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Barat. Program-program pemprov, sebut Emil, akan banyak melibatkan Kadin untuk membrantas ketimpangan.

"Industri-industri padat karya akan kita pusatkan di daerah ini sehingga tidak mencar-mencar lagi di seluruh Jawa Barat. Hari ini banyak padat karya pindah karena urusan upah kan ? Nah kita akan tahan supaya tidak pindah ke Jawa Tengah atau ke Vietnam dengan menyediakan tempat yang cocok dan memadai di zona ini," ucap Emil.

"Semua peluangnya didahulukan kepada KADIN dengan program Saudagar Jabar," lanjut Dia.

Emil menerangkan, zona pertumbuhan ekonomi di 3 wilayah (Segitiga) itu sudah dalam tahap pembahasan. Emil optimistis beberapa tahun ke depan, Program Saudagar Jabar ini akan mencapai kesuksesannya di bidang perekonomian.

"(Segitiga) sedang dibahas di semester ini, karena tata ruangnya sedang kita design supaya berhasil menjadi contoh pertumbuhan yang sangat baik (di Indonesia)," pungkasnya. [yls]

Komentar Pembaca