Bima Arya : Generasi Muda Harus Optimalkan Manfaat TIK

Pemerintahan  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 03:02:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Bima Arya : Generasi Muda Harus Optimalkan Manfaat TIK

Bima Arya/net

RMOLJabar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuat generasi muda saat ini memiliki banyak kemudahan dan memiliki jutaan kesempatan untuk mengembangkan diri. Teknologi saat ini membuat seluruh hal di dunia seolah berada dalam genggaman.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam acara Orasi Pekerja Kreatif yang diselenggarakan oleh Asumsi.Co di gedung Sabuga ITB, Sabtu (9/2) malam.

"Jaman dahulu kalau cari bahan skripsi harus ke perpustakaan atau beli buku-buku. Sekarang tinggal mencari di internet, semuanya ada di situ," Ujar Bima.

Menurutnya, saat ini lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia terakses internet. Khusus Kota Bogor yang miliki penduduk sekitar satu juta jiwa, nyaris seluruhnya terhubung dengan dunia maya.

"Berdasarkan data yang ada, warga Kota Bogor yang menggunakan Facebook berada di angka 75 persen, sementara Instagram 42 persen. Sehingga kalau saya sedang blusukan, beritanya sudah beredar hampir di seluruh kanal media sosial," tutur politisi PAN tersebut.

Terkait ekonomi kreatif, pihaknya menerangkan, pelaku kreatif di Kota Bogor dilibatkan dari merancang desain program, serta memberi masukan untuk pemerintah. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan sebesar Rp 18 miliar guna membangun rumah kreatif, yang didalamnya terdapat industri musik, perfilman maupun teater.

"Tahun ini segera dibangun, insya Allah akhir tahun rumah kreatif ini akan diresmikan," terangnya.

Bima menegaskan agar kedepan generasi milenial harus menjadi manusia yang berkarakter. Apalagi, generasi muda sekarang sangat kosmopolitan. anak muda zaman yang fasih dengan budaya lokal dan memiliki identitas nasional.

"Kedepannya, generasi yang akan menjemput masa depan adalah yang kuat budaya lokal dan fasih budaya global. Mari siapkan jiwa kita untuk berlari maraton menjemput masa depan," tutupnya.[son]

Komentar Pembaca