KABUPATEN BANDUNG

Dewan Minta Pemkab Periksa Kondisi Fasum Dan Fasos Perumahan

Politik  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 11:14:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Dewan Minta Pemkab Periksa Kondisi Fasum Dan Fasos Perumahan

Paska banjir bandang/RMOLJabar

RMOLJabar. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung meminta pemkab memeriksa kondisi fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) di tiap perumahan di wilayahnya.

Hal tersebut sebagai langkah antisipasi sekaligus pencegahan terjadinya bencana yang kerap melanda kawasan pemukiman penduduk yang dibangun oleh pengembang (developer) untuk hunian masyarakat.

Begitu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung, Cecep Suhendar saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar dalam menyikapi adanya bencana yang sering menyergap komplek perumahan penduduk.

"Karena selama ini keluarnya izin dalam pengembangan sebuah bangunan dari pemerintah kan ada standarisasi tentang fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos). Itu harus di cek lagi," ungkapnya.

Menurutnya, kewajiban pengembang sebelum menyiapkan hunian layak sesuai spesifikasi yang dijual kepada masyarakat juga harus memperhatikan sarana penunjang mulai dari jalan hingga gorong gorong (drainase).

"Jalannya harus berapa dan lebarnya berapa, kemudian gorong gorongnya (saluran air) harus berapa lebar dan dalamnya. Bahkan, termasuk soal luas area ruang terbuka hijaunya (RTH) berapa? Itu diatur," katanya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang perumahan Jati Endah Regency RT004/016, Dusun Pasir Jati, Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2) pukul 22.00 WIB.

Hasil pemeriksaan Minggu (10/2), peristiwa yang menyebabkan tiga warga tewas dan belasan rumah rusak itu akibat jebolnya tanggul sungai yang ada di wilayah Jati Endah usai di landa guyuran hujan deras. [yls]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA