Pemkab Bandung Percepat Pemulihan Area Terdampak Banjir Bandang

Peristiwa  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 17:39:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pemkab Bandung Percepat Pemulihan Area Terdampak Banjir Bandang

Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan bersama Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Arh Teguh Waluyo.

RMOLJabar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan terus berupaya memulihkan Komplek Jati Endah Regency, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, pasca diterjang bencana banjir bandang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan saat memantau langsung lokasi bencana, didampingi Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Arh Teguh Waluyo, Senin (11/2) siang.

Guna mengantisipasi banjir susulan, Gun Gun menjelaskan, pemerintah daerah sudah membangun bronjong (anyaman kawat baja berlapis seng berisi batu) di tanggul yang sempat jebol, pemicu bencana di Jati Endah.

"Kami himbau masyarakat tidak beraktivitas di sekitar bangunan yang rawan roboh. Tadi saya lihat ada bangunan koperasi yang sudah ambrol. Saya minta camat tidak menggunakan bangunan itu," ungkapnya.

Khusus penanggulangan tanggul, lanjut Gun Gun, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) bekerja sama dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) menangani hal itu.

"Kedepan kami akan awasi pembangunan perumahan, dimana harus memperhatikan tata ruang. Jika ada bangunan (komplek) menghabiskan sempadan sungai serta belum berizin akan ditertibkan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang perumahan Jati Endah Regency RT 004 RW 016, Dusun Pasir Jati, Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2) sekitar pukul 22.00 WIB.

Hasil pemeriksaan, Minggu (10/2), peristiwa yang menyebabkan tiga warga tewas dan belasan rumah rusak itu akibat jebolnya tanggul sungai yang ada di wilayah Jati Endah usai di landa guyuran hujan deras.(yls)



Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00