KABUPATEN BANDUNG

Warga Desa Baros Kesulitan Air Bersih

Sosial  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 14:27:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Warga Desa Baros Kesulitan Air Bersih

Tim Global Wakaf bersama warga Desa Baros. /RMOLJabar

RMOLJabar. Berada di atas ketinggian sekitar 700 sampai 1.050 mdpl, Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, dihuni sekitar 2.930 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 9.266 jiwa. Di balik keindahan alamnya, warga Desa Baros hingga kini masih bergelut dengan minimnya air bersih, terutama yang melanda warga Kampung Cimentrik.

Menempuh jarak sekitar 21 km dari Bandung menuju Kampung Cimentrik, Tim Global Wakaf bergerak untuk melihat kondisi kesulitan air bersih yang melanda Kampung Cimentrik.

"Sebelumnya kita sudah dapat laporan dari relawan, kalau di Kampung Cimentrik ini masih minim air bersih, terutama ketika kemarau datang. Itu sawah-sawah juga jadi pada kering dan kebun tidak bisa ditanami. Mereka punya satu sumur, tapi sudah kering," ucap Wina Siti Maesaroh dari Tim Global Wakaf, Selasa (12/2).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat yang tidak memiliki air bersih terpaksa harus meminta dari tetangga yang memiliki sumur bor. Itupun tidak semua mendapatkannya.

"Kalau hujan, sumur-sumur ini terisi air, tapi itu juga tidak melimpah. Oleh karena itu dibutuhkan sumur dalam," ujar Wina dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar.

Sulitnya mendapatkan air ini juga memberikan dampak negatif untuk kegiatan beribadah di Masid Al-Ikhlas. Masjid yang terletak di tengah pemukiman warga itu selama ini menjadi pusat kegiatan beribadah warga. Tidak hanya untuk salat, masjid juga digunakan sebagai tempat pengajian rutin serta tempat menimba ilmu anak-anak madrasah Masjid Al-Ikhlas.

"Ada sekitar 100 sampai 150 jemaah yang menggunakan masjid ini. Kondisinya masih baik dan layak. Namun, tempat wudlu tidak berfungsi dengan baik. Ini disebabkan oleh air yang tidak lagi mengalir ditambah dengan kerannya yang harus diperbaiki," kata Wina.

Melihat kondisi inil, Tim Global Wakaf berusaha untuk membangun Sumur Wakaf serta memperbaiki tempat wudu Masjid Al-Ikhlas. Tim langsung bergerak menentukan titik pengeboran sumur yang berada di samping Masjid Al-Ikhlas. Ikhtiar dari Global Wakaf ini mendapat sambutan baik dari masyarakat sekitar yang siap membantu pembangunan Sumur Wakaf tersebut.

"Sambutan dari warga ini sudah datang pada bulan-bulan sebelumnya ketika relawan kami datang ke kampung ini, apalagi setelah dilakukannya rembuk warga bulan lalu. Alhamdulillah masyarakat sangat bersemangat dan siap membantu kelancaran pembangunan Sumur Wakaf ini," paparnya.

Setelah penentuan titik pengeboran sumur, dalam waktu dekat Sumur Wakaf akan dibangun.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini Sumur Wakaf sudah dapat kita bangun untuk membantu warga Kampung Cimentrik. Insya Allah ikhtiar ini menjadi amal jariyah bagi kita bersama," tandasnya.(yls)



Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00