BPK Temukan Data Hantu Di Bandung Barat

Pemerintahan  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 19:06:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

BPK Temukan Data Hantu Di Bandung Barat
RMOLJabar. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak menemukan fisik lahan seluas 17.400 meter persegi di Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Temuan didapat setelah melihat data yang tertuang dalam dokumen penyerahan aset dari Kabupaten Bandung.

Kepala Bidang Aset pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) KBB, Asep Sudiro mengakui, hal itu kerap menghambat KBB mendapat nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Saat ini, tim BPK tengah melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik di Bandung Barat selama 35 hari.

 

"Aset itu sudah kita telusuri, tapi tidak ditemukan fisiknya. Itu aset pelimpahan dari Kabupaten Bandung yang SK pelimpahan atas nama Bupati Bandung saat itu. Karena fisiknya tidak ditemukan, maka BPK merekomendasikan agar SK pelimpahan aset tersebut supaya direvisi,” kata Asep, Selasa (12/2).

 

Asep mengungkapkan, untuk menyelesaikan persoalan aset ini, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Bandung agar revisi penyerahan aset ini bisa cepat selesai.

 

Bahkan, Pemkab Bandung Barat sudah melayangkan surat kepada Bupati Bandung Dadang Naser. Namun hingga saat ini belum ada jawaban.

 

Kalau persoalan ini belum selesai juga, dampaknya pasti ada. Jadi kami akan kejar terus untuk diselesaikan, apalagi nilai tanahnya saat ini diperkirakan mencapai miliaran,” terangnya.(yls)



Komentar Pembaca