KPU Daerah Harus Dirikan TPS Aman Dari Bencana

Politik  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 19:22:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

KPU Daerah Harus Dirikan TPS Aman Dari Bencana

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Seluruh jajaran KPU di daerah Jawa Barat harus memastikan area Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019 nanti aman dari ancaman bencana alam.

Instruksi tersebut disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Endun Abdul Haq saat di wawancarai Kantor Berita RMOLJabar, di kawasan Soreang.

Endun mengatakan, jelang pesta demokrasi yang tinggal hitungan hari Jawa Barat kini mulai dilanda sejumlah bencana alam. Untuk itu perlu langkah antisipasi menyikapinya.

"Salah satunya pendirian TPS. Kami (KPU Jawa Barat) sering mengingatkan jajaran di daerah memaping (memetakan) dulu titik yang akan dijadikan lokasi TPS," ujarnya.

Endun juga berharap PPS yang lebih tahu kewilayahan selektif menentukan kawasan mana yang layak menjadi titik kumpul saat masyarakat mengeluarkan hak pilihnya.

"Setidaknya bebas banjir atau lainnya. Walau peristiwa alam ini force majeure (kejadian diluar kemampuan manusia) tapi sesuai aturan perlu pendeteksian dini," tegasnya.

Sesuai pengamatan Endun, ada beberapa wilayah yang cenderung rawan bencana seiring cuaca buruk yang kini melanda. Seperti Bandung, Garut Selatan, dan Cianjur.

"Kami ingatkan lagi, kalau saat hari H atau beberapa hari jelang pemungutan terjadi bencana misal banjir besar harus di siapkan opsi (lokasi TPS) pengganti," tandasnya. [yls]




Komentar Pembaca