KABUPATEN BANDUNG

Sering Disalahkan, DPUTR Sudah Berupaya Tangani Banjir Cilember

Pemerintahan  SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 12:33:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Sering Disalahkan, DPUTR Sudah Berupaya Tangani Banjir Cilember

DPUTR Kabupaten Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung mengaku telah berupaya dalam menangani banjir dikawasan Cilember yang berada di perbatasan wilayahnya dengan Kota Cimahi.

Berdasarkan hasil penelusuran instansi telah terjadi sedimentasi di bagian hilir Sungai Cilember yang alirannya bermuara di Desa Nanjung, Margaasih akibat pemanfaatan tebing sungai oleh masyarakat sekitar.

Begitu disampaikan Kepala Bidang Drainase DPUTR Kabupaten Bandung Mochammad Ridwan menanggapi banyaknya tudingan bila Pemkab dinilai tak pernah bertindak dalam menangani banjir diperbatasan.

"Kami sudah melakukan pengerukan saluran pembuangan di Kampung Rancamalang, Margaasih, serta pembuatan saluran drainase di wilayah kecamatan tersebut," kata Ridwan melalui sambungan telepon.

Menurut kajian BBWS Citarum, lanjut dia, mengatasi banjir Cilember diperlukan normalisasi. BBWS menilai, perbaikan drainase tidak cukup untuk mengatasinya. Kemen PUPR pun siap membantu upaya itu.

"Sungai Cilember berstatus sungai ordo 2. Artinya sungai tersebut melintasi dua wilayah administrasi, yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung. Untuk itu kendali penuh ada di tangan Pemprov Jabar," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00