Sempat Alami Masalah Pernafasan, Perempuan Obesitas Asal Karawang Jalani Operasi Lambung

Peristiwa  SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 19:45:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Sempat Alami Masalah Pernafasan, Perempuan Obesitas Asal Karawang Jalani Operasi Lambung

Sunarti/Net

RMOLJabar. Hari ini, Pasien obesitas Sunarti (39), asal Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, menjalani operasi perdananya sejak dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pada Kamis (31/1) lalu.

Demikian dikatakan salah satu anggota tim dokter yang menangani Sunarti, Reno Rudimansaat di RSHS, Jl. Pasteur No. 38, Pasteur, Sukajadi, Bandung, Senin (18/2).

"Tadi pagi jam 08.00 telah kami lakukan operasi terhadap ibu Sunarti, jadi pada waktu memulai kita mulai dengan pemeriksaan dahulu, atau pemeriksaan prabedah sebelum dibius," kata Reno.

Sebelum dilakukan operasi, tim dokter THT memeriksa kondisi tenggorokan kepada Sunarti. Diketahui sebelumnya pasien memiliki masalah dengan pernafasannya dikarenakan terdapat penyempitan yang diakibatkan dari obesitas yang dideritanya.

"Tapi tidak jadi penghalang untuk operasi, setelah itu dibius dan dilakukan pemeriksaan endoskopi yang ditujukan untuk memeriksa keadaan lambungnya, apakah cukup sehat untuk dilakukan operasi, memang ada sedikit efek samping akibat obat yang biasa dikonsumsi oleh ibu Sunarti," jelas Reno.

Kendati demikin, tim dokter masih menganggap aman untuk dilakukan operasi bagi Sunarti, selanjutnya operasi berlangsung selama 2 jam 15 menit. Dalam operasi kali ini dokter memotong lambung pasien, sehingga hanya menyisakan sepertiga bagian dari ukuran lambung semula.

"Alhamdulillah operasi berlangsung dengan lancar ibu Sunarti stabil," ujarnya.

Ia mengungkapkan, tujuan dari pemotongan lambung tersebut adalah untuk mengurangi volume lambung pasien, sehingga kapasitas jumlah makanan yang bisa dikonsumsi bisa sangat berkurang.

Diketahui saat pertama kali masuk di RSHS (31/1), berat badan Senarti adalah 148 kg, dan hingga saat bedah Jum'at (15/2) telah mengalami penurunan sebanyak 12 kg, menjadi 135 kg. [gan]

Komentar Pembaca