KABUPATEN BANDUNG BARAT

Di Bandung Barat, Investor Diajak Bangun Rutilahu

Pemerintahan  SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 17:01:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Di Bandung Barat, Investor Diajak Bangun Rutilahu

Bupati KBB Aa Umbara/RMOLJabar

RMOLJabar. Tingginya angka Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Bandung Barat menggugah Bupati Bandung Barat menelurkan kebijakan baru mengajak swasta turut serta mengurangi Rutilahu.

Kebijakan yang dilakukan dengan mengajak investor memberikan Coorporate Social Responsibility (CSR) Rutilahu dengan kemudahan dan percepatan perizinan.

"Perizinan memang gratis, tetapi kami memiliki program sosial pengurangan Rutilahu. Caranya mengajak perusahaan yang berinvestasi di Bandung Barat membangun Rutilahu,"ungkap Bupati, Selasa (19/2).

Dimulai sejak Oktober 2018, hingga kini sudah terbangun Rutilahu sebanyak 120 unit. Tanpa paksaan swasta membangun Rutilahu warga yang datanya ada di dinas terkait.

"Datanya ada di dinas kami. Saya persilahkan mau bantu rumah yang mana, mau berapa unitnya silahkan perusahaan yang menentukan,"katanya.

Aa mengatakan, persoalan sosial masyarakat seperti Rutilahu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, dengan pola barter ini diharapkan investor lebih nyaman menanam investasi di Bandung Barat.

"Intinya kita siapkan programnya, perizinan kita percepat namun juga ada tambahan ibadah buat swasta,"paparnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Adang Rachmat Safaat menerangkan, saat ini jumlah Rutilahu di Bandung Barat mencapai 24.000.

Selain bantuan pemerintah pusat, provinsi dan APBD KBB, bantuan pihak swasta juga mempercepat pengurangan jumlah rutilahu.

"Saya kira kebijakan pak Bupati ini cukup baik, dari CSR ini sudah terbangun 120 unit. Minimalnya Rp25juta/rumah sesuai kalkulasi Rutilahu,"paparnya.

Pola barter ini, kata Adang, cukup membuat investor atau perusahaan antusias, pasalnya ada singkronisasi program pengentasan kemiskinan pemerintah dengan CSR swasta.

"Kurang lebih sudah 20 perusahaan yang menyumbang. Mereka antusias karena CSR-nya tepat sasaran dan usaha mereka dipermudah Bupati,"katanya.[son]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

LBH: Penetapan Tersangka Sopir Tangki Diwarnai Intimidasi
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00