Angklung Meriahkan Jambore Nasional LSMI Dan Seniman HMI

Peristiwa  SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Angklung Meriahkan Jambore Nasional LSMI Dan Seniman HMI

LSMI Bandung meriahkan Jambore Nasional LSMI dan Seniman HMI/Ist

RMOLJabar. Angklung merupakan alat musik asli Jawa Barat yang harus terus dilestarikan. Pasalnya, pelestarian kesenian dan kebudayaan adalah tanggung jawab bersama.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Lembaga Seni dan Budaya Mahasiswa Islam (LSMI) Bandung, Yusuf Gani saat Jambore Nasional LSMI dan Seniman Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Senin (18/2).

Yusuf khawatir, jika keduanya tidak dirawat, maka bangsa ini akan mengalami krisis budaya. Bahkan bisa jadi lebih peduli budaya luar negeri dibanding negeri sendiri.

"Ya jangan sampai 14 Februari kemarin, kita ikut merayakan Valentine, sedangkan Valentine itu bukan budaya kita. Budaya kita adalah, fall in love with people we cant have atau belum mandi tapi udah bilang OTW (on the way)” sambung Yusuf, seraya tertawa bercanda.

Selain itu, Yusuf juga mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan pada 14-17 Februari 2019 di Malang, Jawa Timur itu. Mengingat, para seniman HMI ikut mementaskan angklung dalam acara yang diikuti perwakilan kader HMI seluruh Indonesia.

Tidak hanya panitia yang diapresiasi karena mengadakan pelatihan. Namun panitia juga memfasilitasi pementasan angklung oleh LSMI dan Seniman HMI seluruh Indonesia, meskipun acara ini jauh dari wilayah Jawa Barat.

"Ya, Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi, baik dari panitia di Malang maupun seluruh LSMI dan Seniman HMI yang terlibat. Kami bangga, angklung menjadi salah satu alat musik andalan yang ditampilkan di kegiatan ini,” ucap Yusuf. [gan]

Komentar Pembaca