Penetapan Harga Rumah Subsidi Tak Kunjung Diumumkan

Pemerintahan  RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 01:46:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Penetapan Harga Rumah Subsidi Tak Kunjung Diumumkan

Rubio/RMOLJabar

RMOLJabar. Ratusan hingga ribuan warga Cirebon terpaksa harus menunda mendapatkan tempat tinggal melalui program rumah subsidi. Pasalnya, pemerintah pusat belum menentukan harga rumah subsidi untuk 2019.

Kasubdit Pendataan dan Verifikasi Rumah Swadaya Kementerian PUPR, Rubio saat ditemui di Kabupaten Cirebon enggan berbicara lantaran persoalan penetapan harga rumah subsidi di luar tupoksi.

Rubio mencoba memberikan penjelasan dan sedikit gambaran terkait mekanisme penetapan harga rumah subsidi. Pada awalnya, Perumnas (perumahan) memang berada di bawah kementerian PUPR. Namun, kewenangan itu pindah setelah pembentukan Kementerian BUMN.

"Tetapi begitu dibentuk yang namanya kementerian BUMN, Perumnas itu menjadi di bawah BUMN. Terapi secara tekhnis, perumnas itu ada link kerja dengan kementerian PUP, khususnya direktorat jenderal penyediaan perumahan," kata Rubio.

Soal penetapan harga sendiri, lanjut Rubio, ditentukan setelah ada kesepakatan antara tiga pihak. Pertama, Pihak Kementerian PUPR. Kedua, Pihak Perumnas (Kementerian BUMN). Ketiga, Pihak Pengembang (Developer).

"Perwakilan-perwakilan itu sehingga duduk bersama-sama untuk menentukan berapa harga yang wajar," kata Rubio.

Begitu pun perumahan subsidi. Rubio menjelaskan, program perumahan subsidi itu memang merupakan program inisiasi oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan.

"Yang namanya subsidi itu adalah Fasilitas Liquiditas Pembiayaan Perumahan, FLPP. Tapi saat ini Ditjen Penyediaan Perumahan dilebur menjadi Ditjen Pembiayaan Infrastruktur. Salah satunya ada Direktorat Pembiayaan Perumahan di sana," pungkasnya.

"Secara detailnya saya kurang begitu paham. Kawan-kawan bisa konfirmasi ke Direktorat Pembiayan Infrastruktur Perumahan dan Kawasan Pemukiman," lanjut Rubio.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V DPR RI Yoseph Umarhadi mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk mengkonfirmasi. Sebab, hingga kini belum ada laporan dari Kementerian PUPR terkait hal itu.

"Nanti saya tanyakan kepada Kementerian. Saya juga pengen dengar itu berapa patokan harga rumah tahun ini. Mungkin karena sekarang disesuaikan dengan inflasi dan segala macam," demikian Yoseph. [gan]


Komentar Pembaca
Sebelum Sandi, Jokowi Pernah Janji Hapus Ujian Nasional
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

KAMIS, 21 MARET 2019 , 13:00:00