KABUPATEN BANDUNG BARAT

Longsor Celak-Gununghalu Segera Dibangun

Pemerintahan  RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 23:41:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Longsor Celak-Gununghalu Segera Dibangun

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada PUPR KBB, Mohammad Ridwan/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah mengalokasikan perbaikan Jalan Sindangkerta-Gununghalu yang amblas sejak bulan April 2018.

Ambrolnya tebing setinggi 25 meter dengan lebar 100 meter di jalan Kampung Sawahlega RT 3/11, Desa Wargasaluyu, Kecamatan Gununghalu itu memang membahayakan pengguna jalan.

Setengah badan jalan beton saat ini dalam kondisi menggantung, warga berinisiatif menutup setengah ruas jalan dan berjaga agar pengendara yang melintas aman.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada PUPR KBB, Mohammad Ridwan mengatakan, anggaran perbaikan telah dimasukkan pada anggaran perubahan tahun 2018, namun setelah di estimasi kebutuhan perbaikan membutuhkan anggaran lebih dari Rp200 Juta.

"Bukan menunda, hanya kami terbentur regulasi jika mengambil anggaran perubahan. Tetapi pada anggaran murni 2019 sudah masuk,"ungkapnya, Rabu (20/2).

Rencananya, rehabilitasi ini akan dilakukan perbaikan pada saluran air dan gorong yang ada di bagian jalan tersebut. Dalam satu hingga dua bulan, Ridwan menegaskan harus sudah ada pengerjaan perbaikan.

"Ya harus secepatnya karena itu memang rawan ditambah hujan mulai ekstrem. Apalagi, ini jalan utama menuju Gununghalu jadi harus menjadi prioritas pula," ucap Ridwan.

Menurutnya, anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan mencapai Rp1,5 miliar. Untuk Tembok Penahan Tanah (TPT) saja dibutuhkan biaya Rp500-600 juta.

"Bukan hanya TPT, melihat kondisi ini kita kupas betos sepanjang 100 meter. Memperbaiki gorong-gorong dan memadatkan tanah, kemudian dibeton kembali,"jelasnya.[son]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

LBH: Penetapan Tersangka Sopir Tangki Diwarnai Intimidasi
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00