KABUPATEN BANDUNG

Lewat Medsos, Asep 'Heulang' Perjuangkan Produk UMKM Ciparay

Politik  KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 13:44:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Lewat Medsos, Asep 'Heulang' Perjuangkan Produk UMKM Ciparay

Asep Suhendi/RMOLJabar

RMOLJabar. Asep Suhendi, Ketua Paguyuban UMKM Ciparay Ciheulang, curhat terkait permasalahan akses peralatan untuk pelaku usaha kecil kepada Bank Indonesia dan Anggota DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Asep pun sangat berharap diberikan akses pelatihan dan modal untuk mengembangkan marketing digital. Selama satu tahun, Asep hanya mengandalkan akun Facebook untuk memasarkan produk UMKM miliknya.

Hal itu disampaikan Asep saat menghadiri Sosialisasi Usaha Kecil dan Menengah yang diadakan oleh Lembaga Studi Islam dan Sosial (LISIS) di Aula Jongor Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (21/2).

Asep menilai UMKM Kecamatan Ciparay khususnya butuh bimbingan berupa pelatihan marketing digital. Maka dari itu dia meminta kepada pemerintah dan Bank Indonesia untuk membantu permodalan.

"Kami dari Paguyuban UMKM dikawasan Ciparay intinya membantu pelaku usaha di media sosial. Penyedia akun. Semua kami update yang mayoritas produk kerajinan tangan," ungkap Asep kepada wartawan.

Asep yang berjualan dengan nama akun Heulang Art Facebook dan Asep Heulang itu mengatakan bila omset dari penyediaan marketing digital produk UMKM Ciparay mencapai Rp6 juta-Rp7 juta per bulan.

Di tempat yang sama, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR) asal Kabupaten Bandung, Cucun Ahmad Syamsurijal menyebut bahwa Asep ini merupakan salah satu contoh pemuda "StartUp" di kecamatan Ciparay.

"Saya sangat apresiasi kepada Asep yang mau membantu para pelaku UMKM (di kawasan Ciparay) yang tidak memiliki akses digital untuk dipasarkan di dunia online (digital)," ujar Politisi dari PKB itu.

Kang Cucun, sapaan akrab Ketua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari PKB ini akan berjuang mendorong aspek legalisasi karena penting untuk kelompok usaha bersama. [gan]

Komentar Pembaca