Atasi Stunting, BKKBN Jabar Gencarkan Program KIE

Pemerintahan  JUM'AT, 22 FEBRUARI 2019 , 11:08:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Atasi Stunting, BKKBN Jabar Gencarkan Program KIE

Acara sosialisasi program KIE oleh BKKBN Jabar /RMOLJabar

RMOLJabar. Dalam upaya penanggulangan angka stunting di Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar menggelar program Komunikasi, Interaksi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat Desa Batok, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Kamis (21/2).

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Srimulyani Winiarti mengatakan, program KIE penting untuk menanggulangi terjadinya stunting pada bayi.

"Stunting adalah kegagalan pertumbuhan dalam usia balita, pertumbuhan tinggi badan dan berat tubuh dengan usia yang sesuai adalah pertanda terjadinya stunting pada balita," kata Srimulyani saat sosialisasi.

"Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada balita, dan lingkungan yang kurang mendukung untuk pertumbuhan bayi. Tapi hal itu bisa ditanggulangi dengan imunisasi yang teratur," sambungnya.

Sementara itu mitra kerja anggota DPR RI Komisi IX, Nurmansyah Efendi Tanjung menegaskan pentingnya masyarakat mengetahui gejala dan pencegahan stunting ini, agar dapat meningkatkan kualitas generasi bangsa kedepan.

"Saya ingin menyampaikan pentingnya program BKKBN. Misalnya masalah stunting, BKKBN terus berkerja keras menurunkan angka stanting hingga 0 persen. Selain itu, ada yang namanya generasi berencana. Dalam hal ini untuk meningkatkan kualitas generasi-generasi bangsa," kata Nurmansyah.

Koordinator lapangan KB Kecamatan Tenjo, Eha Tarwiyah mengatakan, sekitar 1000 orang di wilayahnya masuk dalam kategori Pasangan Usia Subur (PUS), yang dilandasi oleh perkawinan dan diawasi langsung oleh BKKBN.

Di sela-sela sosialisasi tersebut, juga menampilkan kesenian Reog Jabar, sehingga membuat acara semakin ramai dengan penuh canda tawa.(din)



Komentar Pembaca
#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

LBH: Penetapan Tersangka Sopir Tangki Diwarnai Intimidasi
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00