Penguatan Mitigasi Bencana, BNPB: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

Ragam  JUM'AT, 22 FEBRUARI 2019 , 11:31:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Penguatan Mitigasi Bencana, BNPB: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

Seminar nasional yang diselenggarakan BNPB di Kota Bandung /RMOLJabar

RMOLJabar. Pencemaran dan kerusakan lingkungan DAS Citarum telah mengakibatkan banyak kerugian serta meningkatkan risiko bencana.

Selain itu, sebagai salah satu sungai strategis nasional, pemulihan Sungai Citarum juga merupakan kawasan yang menjadi prioritas pemerintah. Hal tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

Sehubungan dengan hal tersebut, BNPB bersama Komunitas di sekitar Citarum menggelar seminar nasional dengan tema Model Sinergitas Pentahelix Merawat Alam dan Mitigasi Bencana.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, bahwa upaya mitigasi bencana perlu penguatan berbagai pihak.

"Salah satu upaya tersebut, kita jaga alam, alam jaga kita," ucap Doni dalam sambutannya, di Grand Asrilia Hotel, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Jumat (22/2).

Dikatakan Doni, makna frase ini mengingatkan kembali terhadap paradigma penanggulangan bencana yang mengedepankan mitigasi sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana.

Dalam acara tersebut, turut hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Ida Bagus Putera Parthama, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Trie Soewandono, Rektor Universitas Pasundan sekaligus Ketua APTISI Jabar-Banten Eddy Jusuf, dan komunitas pegiat lingkungan se-Jawa Barat.(din)



Komentar Pembaca
#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

LBH: Penetapan Tersangka Sopir Tangki Diwarnai Intimidasi
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00