BKKBN Kenalkan Program Genre Di SMAN 1 Jampang Tengah

Webtorial  KAMIS, 28 FEBRUARI 2019 , 13:46:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

BKKBN Kenalkan Program Genre Di SMAN 1 Jampang Tengah

Sosialisasi program Genre di SMAN 1 Jampang Tengah /RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat mengenalkan program Generasi Berencana (Genre) untuk kalangan pelajar di lingkungan SMAN 1 Jampang Tengah, Desa Cijulang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/2).

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir mitra kerja anggota DPR RI dari Komisi IX, Ribka Tjiptaning Proletariyati sebagai narasumber. Di kesempatan itu, Ribka menyebutkan pentingnya remaja untuk membentuk kepribadian yang kuat dalam menyongsong masa depan yang cerah.

"Mengutip pernyataan fenomenal Soekarno, 'berikan aku 10 pemuda, maka akan ku guncang dunia' artinya peran pemuda atau remaja sangat penting untuk masa depan sebuah negara, pemuda harus cerdas, berkepribadian dan bekerja keras," kata Ribka.

"Disini peran keluarga sangat penting dalam membentuk kepribadian remaja," sambungnya.

Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh perwakilan BKKBN Jabar, Pepep Darusman. Pepep menjelaskan, sedikitnya ada delapan fungsi keluarga agar remaja memiliki pemahaman, sikap dan perilaku positif.

"Remaja perlu paham setiap fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi lingkungan, agar remaja memiliki pemahaman, sikap dan prilaku positif tentang hak-hak reproduksi untuk meningkatkan kualitas generasi penerus," jelasnya.

"21-35 tahun adalah usia ideal untuk memiliki keturunan. Ini menjadi penting tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR),” sambungnya.

Selain itu ia pun menjelaskan tentang 'Life Skill' yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri dari berbagai resiko dan ancaman. Sehingga bisa hidup dengan baik untuk mencapai cita-cita serta pentingnya menghindari seks pra nikah, pernikahan dini dan napza.

Acara dimeriahkan dengan quiz dan ditutup dengan penyerahan bantuan kepada PIK-R sekolah berupa genre kit, bola futsal dan gitar akustik. Selain itu dilakukan penyerahan door prize, berupa 2 sepeda gunung, 4 handphone dan 5 jam tangan.(din)



Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar