Taman Sribaduga Purwakarta Layak Jadi Lokasi Event Skala Dunia

Webtorial  SENIN, 04 MARET 2019 , 21:27:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Taman Sribaduga Purwakarta Layak Jadi Lokasi Event Skala Dunia

Taman Sribaduga/RMOLJabar

RMOLJabar. Kabupaten Purwakarta, saat ini nampak makin mentereng dan lebih artistik. Kondisi ini terjadi, sejak Pemkab setempat melakukan pemolesan di beberapa ruang terbuka hijau (RTH) yang ada, menjadi taman-taman yang indah.

Salah satu RTH yang telah ditata sedemikian itu, yakni Taman Sribaduga (Situ Buleud). Sejauh ini, sistem penataan di kawasan Situ Buleud ini tidak saja difokuskan pada fungsi konservasi semata. Tapi, juga didorong terhadap nilai-nilai rekreasi.

Terbukti, keindahan ruang publik tersebut ditambah seiring dengan adanya air mancur menari yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara.

"Taman besar ini multifungsi. Selain menjadi kawasan terbuka hijau, pertunjukan air mancur,  juga sebagai sarana olah raga, area konservasi pepohonan langka, konservasi ikan khas Sungai Citarum, hingga sebagai pengendali banjir," ujar Kabid Pariwisata, Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwa, Senin (4/3).

Dengan begitu, kata dia, bukan hal yang mustahil jika taman ini juga bisa menjadi lokasi event besar skala Internasional. Apalagi, kapasitas di Taman Sri Baduga ini ditaksir bisa menampung 12 ribu penonton.

"Taman Sribaduga, munurut saya, layak menjadi lokasi event besar, baik skala nasional maupun Internasional," jelas dia.

Heri menjelaskan, lokasi ini sebelumnya merupakan kawasan konservasi serta kawasan hijau terbesar di Purwakakarta dengan luas kurang lebih empat hektare. Dari dulu, di lokasi itu terdapat sejumlah pohon, terutama dari jenis atau varian langka.

Tapi, sambung dia, saat ini keindahannya bertambah, seiring dibangunnya sebuah air mancur yang bisa dibilang terbesar di Indonesia. Adv/RMOLJabar

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA