KABUPATEN BANDUNG

Bupati Ingin Semua Kompak Dalam Mengatasi Banjir Bandung Selatan

Pemerintahan  MINGGU, 10 MARET 2019 , 21:13:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Bupati Ingin Semua Kompak Dalam Mengatasi Banjir Bandung Selatan

Dadang M Naser/RMOLJabar

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser berharap semua unsur bisa kompak dan saling berbuat dalam mengatasi banjir yang melanda kawasan Bandung Selatan.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu memandang keberadaan curug Jompong menjadi salah satu solusi mengendalikan luapan sungai Citarum diwilayahnya.

"Mudah-mudahan progres pembangunannya bisa cepat. Kemarin ada wacana harapan warga Andir agar dibangun juga Situ Andir," ujarnya kepada wartawan, Minggu (10/3).

Untuk situ-situ yang hilang di Bandung, lanjut Dadang, Pemkab Bandung akan berupaya menyiapkan hal itu. Saat ini dikatakannya telah ada lahan sekitar 10 hektare di Ibun.

"Selain itu danau retensi di Cienteung, sebagai solusi lain yang di eksekusi oleh pemerintah untuk mengatasi banjir akibat luapan air Sungai Citarum," terangnya.

Danau retensi, tambah dia, hadir sebagai tempat parkir aliran Citarum yang meluap ketika debit hulu tinggi. Karena alur Citarum kini tak lagi mengalirkan air secara optimal.

"Pola buka tutup kanal air di curug jompong bisa mengendalikan genangan banjir yang terjadi di 3 kecamatan Dayeuhkolot, Bale endah dan Bojongsoang," ungkap Dadang.

Lelaki yang akrab disapa Kang DN itu pun akan intens mengkampanyekan kesadaran masyarakat soal pengelolaan sampah, pola tanam perkebunan dengan Perhutani, juga penegakan hukum lingkungan soal limbah.

"Jika semua paham dan memiliki kesadaran menjaga lingkungan, tentunya sedikit demi sedikit banjir bisa diatasi.Yang paling berat itu masalah sampah dan pola tanam. Kami genjot program penghijauan," tandas DN. [yud]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00