Pemkab Mulai Perkuat Dapur Umum Di Tiga lokasi Pengungsian

Pemerintahan  SENIN, 11 MARET 2019 , 09:06:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pemkab Mulai Perkuat Dapur Umum Di Tiga lokasi Pengungsian

Bupati Bandung Meninjau Dapur Umum Pengungsian/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemkab Bandung saat ini terus memperkuat kebutuhan di dapur umum yang ada di tiga titik lokasi pengungsian warga Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang.

Begitu disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser dalam keterangan tertulisnya yang diterima oleh Kantor Berita RMOLJabar dari Humas Pemkab Bandung, Senin (11/3).

Menurut Dadang, penguatan dapur umum itu seiring dengan penetapan status tanggap darurat bencana di wilayahnya pasca dilanda banjir akibat luapan Sungai Citarum.

"Ada tiga titik utama yang sudah di bangun dapur umum meliputi gedung inkanas dan kelurahan andir serta radio bojes (Bojong soang)," ungkap Kang DN sapaanya.

Menurut DN, penetapan status tanggap darurat bencana ini dimulai sejak Jum’at (8/3). Status ini berlaku selama tujuh hari dan akan diperpanjang bila banjir belum surut.

"Prosedur penetapan tanggap darurat  ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini tanggap darurat khusus. Jadi tidak ada kucuran dana untuk infrastruktur," katanya.

DN menyebut penanganan tanggap darurat fokus dalam penyelamatan jiwa. Karena disinyalir hingga kini masih banyak warga yang bertahan di rumahnya masing-masing.

"Tanggap darurat juga untuk menjamin dan memastikan tidak ada yang kelaparan, atau sakit karena kurang makan dan kurang minum lantaran terdampak banjir," jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga telah menyiapkan dapur umum mobile untuk distribusi makanan dan minuman bagi warga yang masih bertahan dirumahnya.

"Mohon kepada para relawan dan tokoh masyarakat yang ikut terlibat dalam proses pengiriman berbagai kebutuhan terus me monitor agar bantuan merata," tandas dia. [yud]

Komentar Pembaca