KABUPATEN BANDUNG

Ratusan Personil Gabungan, Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandung Selatan

Ragam  SELASA, 12 MARET 2019 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Ratusan Personil Gabungan, Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandung Selatan

Warga Bersihkan Lumpur Banjir/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 200 personil dari BPBD, TNI, Polri, Dinas Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum, Satpol PP, Dinkes dan PDAM melakukan pembersihan endapan lumpur sisa banjir akibat luapan Citarum.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Akhmad Johara dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (12/3).

Menurut Akhmad, kegiatan pembersihan ini selaras dengan status tanggap darurat pasca wilayahnya yang berada di tiga kecamatan (Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang) dilanda bencana banjir.

"Selama masa tanggap darurat ini, sudah empat kali kami bersama personil gabungan melakukan pembersihan lingkungan akibat banjir, baik lumpur atau sampah. Kami gelar hari ini mumpung banjirnya surut," ujarnya.

Akhmad menjelaskan, kegiatan pembersihan difokuskan di tiga wilayah yakni sekitar Andir di Kecamatan Baleendah, lalu kawasan Bojongasih di Kecamatan Dayeuhkolot dan terakhir Cijagra di Kecamatan Bojonsoang.

"Insya Allah semua bekerja bahu membahu membersihkan lingkungan terdampak banjir, dari lumpur dan sampah. Kami ingin membantu warga, supaya akses dan aktifitasnya bisa kembali normal," imbuhnya.

Lumpur yang mengendap sisa banjir, tambah Akhmad, cukup bervariatif di setiap wilayah. Pihaknya juga masih membutuhkan mesin semprot air untuk menjangkau pemukiman termasuk gang-gang dan ruas jalan kecil.

"Ketebalan lumpur ini bervariatif 5 sampai 30 cm, terutama di jalan raya. Sedangkan untuk lumpur di rumah, kami membutuhkan mesin sedot termasuk membersihkan lumpur yang ada di gang kecil," kata dia. [yud]

Komentar Pembaca